Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Polda Aceh menyatakan keamanan di provinsi itu, khususnya, tiga tiga kabupaten/kota yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Juni 2018 hingga kini berlangsung kondusif.

"Keamanan Aceh pada umumnya berlangsung kondusif. Termasuk di tiga kabupaten/kota yang menggelar pilkada," kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munauwar di Banda Aceh, Kamis.

Tiga kabupaten/kota di wilayah hukum Polda Aceh yang melaksanakan pilkada serentak pada Juni mendatang yakni Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kota Subulussalam.

Kombes Pol Misbahul Munauwar menyebutkan, Kapolda Irjen Pol Rio S Djambak beberapa waktu lalu sudah meninjau langsung kondisi keamanan di tiga wilayah yang melaksanakan pilkada.

Dari hasil peninjauan tersebut, kata dia, tiga daerah itu sudah siap melaksanakan pemilihan kepala daerah. Termasuk siap dari sisi keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

Selain itu, sebut dia, kepolisian di tiga daerah itu juga sudah siap melakukan pengamanan, baik menjelang pemungutan suara maupun hingga penetapan pasangan terpilih.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk terus menjaga situasi kamtibmas yang sudah kondusif seperti ini. Kami juga meminta masyarakat jangan terpancing dengan tindakan yang tidak bertanggung jawab," kata dia.

Kombes Pol Misbahul juga mengimbau masyarakat tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mengacaukan situasi menjelang pilkada, sehingga terganggunya pesta demokrasi tersebut.

"Kepolisian sudah siap mencegah setiap ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat Aceh, termasuk di daerah yang melaksanakan pilkada. Dan kepada masyarakat, kami berharap memilih sesuai hati nurani tanpa paksaan dari siapa pun," ujar dia.

Terkait dengan perbantuan personel, kata Kombes Pol Misbahul, Polda Aceh sudah menyiapkan pasukan untuk membantu pengamanan di tiga wilayah hukum polres di Aceh yang menggelar pilkada.

"Polres di tiga wilayah tersebut sudah menyusun strategi pengamanan, termasuk meminta bantuan personel dari Polda Aceh. Personel perbantuan itu akan segera ditugaskan di kabupaten/kota yang menggelar pilkada," kata Kombes Pol Misbahul Munauwar.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018