Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Ratusan pelajar dari berbagai SMA di Banda Aceh mengikuti uji coba seleksi masuk Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Uji coba saringan masuk PKN STAN digelar Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh tersebut dipusatkan di Gedung IPSI Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh Setiadi Cahyadi mengatakan, uji coba seleksi masuk PKN STAN diikuti 250 peserta kelas 12 se Kota Banda Aceh.

"Kegiatan ini bekerja sama lembaga pendidikan khusus ujian saringan masuk PKN STAN yang berpusat di Medan, Sumatera Utara, sebagai penyedia soal, kunci jawaban, pembahasan, dan hasil ujian," ungkap Setiadi Cahyadi.

Setiadi Cahyadi menyebutkan, PKN STAN merupakan sekolah tinggi kedinasan di bawah Kementerian Keuangan yang mencetak calon aparatur sipil negara atau ASN.

Lulusan PKN STAN ditugaskan di Kementerian Keuangan, BPK, BPKP, dan kementerian/lembaga lain. PKN STAN akan menerima 7.301 mahasiswa untuk berbagai jenjang pendidikan dan jurusan pada Tahun Ajaran 2018/2019.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN tahun ini dibuka mulai tanggal 9 hingga 30 April 2018. Pendaftaran melalui portal daring atau online Badan Kepegawaian Nasional.

Setiadi Cahyadi menyebutkan, Kota Banda Aceh menjadi satu dari sekian lokasi ujian seleksi penerimaan mahasiswa PKN STAN. Ujian seleksi berlangsung 27 Juni hingga 7 Juli mendatang.

"Bagi yang diterima sebagai mahasiswa, semua biaya pendidikan digratiskan sampai lulus. Dan ini upaya Kementerian Keuangan mewujudkan pendidikan Indonesia agar semakin maju dan modern," kata Setiadi Cahyadi.

Selain simulasi ujian saringan masuk, kata dia, kegiatan juga dirangkai dengan pemutaran video PKN STAN dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh.

Kegiatan juga dirangkai pameran pakaian dinas bea cukai, testimoni lulusan PKN STAN asal Aceh, kuis berhadiah, pembahasan soal ujian serta tips dan trik agar lulus ujian.

"Uji coba seleksi PKN STAN ini digelar untuk kedua kalinya di Aceh. Kami berharap dari uji coba ini, anak-anak Aceh mampu lulus seleksi dan diterima sebagai mahasiswa PKN STAN nantinya," kata Setiadi Cahyadi.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018