Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia memantau harga sejumlah kebutuhan pokok di Provinsi Aceh menjelang puasa Ramadhan 1439 Hijriah.

"Pantauan sejumlah kebutuhan pokok di pasar ini merupakan salah satu upaya memastikan persediaan dan harga tidak melonjak drastis menjelang puasa Ramadhan," kata Dirjen Perdagangan Luar Negeri pada Kementerian Perdagangan RI Oke Nurwan di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar yang ada di Banda Aceh diantaranya Pasar Peunayong, Banda Aceh.

Ia menjelaskan dalam tinjauan pasar di Banda Aceh tersebut dirinya yang turut didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh mememantau beberapa komoditi tertentu agar harganya tidak naik.

"Artinya, seluruh kebutuhan pokok tertentu tidak bkosang dan harganya tetap terjangkau. Jika pasokan kurang nanitnya kita akan langsung menghubungi para pemasok," katanya.

Ia mengatakan pihaknya terlah melakukan tinjauan awal dan akan terus melakukan koordinasi guna melakukan langkah-langkah antisipasi sehingga tidak terjadi lonjakan harga menjelang Ramadhan.

Oke Nurwan juga mengatakan pihaknya telah meminta kepada distributor untuk menyediakan persediaan yang cukup pada bulan ramadhan dan lebaran sehingga harga sejumlah kebutuhan tidak naik di pasara.

"Sejumlah komoditi tertentu seperti gula pasir, beras, minyak goreng curah dan daging sudah ditetapkan harganya Pemerintah," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018