Meulaboh (Antaranews Aceh) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengutus 72 civitas akademika sebagai penceramah mengisi safari Ramadhan 1439 Hijriyah/2018 Masehi ke kampung-kampung di daerah tersebut.

Ketua STAIN, Dr Syamsuar, di Meulaboh, Selasa, menuturkan, pada bulan puasa kali ini pihaknya mengadakan kegiatan safari Ramadhan di 11 desa di Kecamatan Beutong Bawah, Kabupaten Nagan Raya, selama beberapa kali penjadwalan.

"Safari Ramadhan sudah menjadi agenda tahunan sebagai ajang silaturrahim pihak kampus dengan masyarakat. Tahun ini kita mengutus penceramah untuk menyampaikan dakwah di Nagan Raya," katanya dalam pesan tertulis kepada wartawan.

Terlebih lagi STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh yang notabenenya merupakan kampus perguruan tinggi Islam memiliki tanggung jawab lebih dalam melakukan transformasi kesadaran rohaniyah.

Samsuar mengatakan, melalui safari Ramadhan pihak akademik dapat menelusuri dan memetakan setiap persoalan yang dihadapi umat, terutama yang berkaitan dengan pemahaman keagamaan.

"Safari Ramadhan adalah saat yang tepat untuk berdialog dan bersilaturrahim dengan masyarakat, sekaligus kita dapat mendengarkan setiap persoalan dan memberikan solusi masalah yang dihadapi masyarakat," tuturnya.

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAIN Meulaboh, Ade Kurniawan, menambahkan, 72 civitas akademika kampus yang diutus sebagai da`i merupakan dosen dan tenaga kependidikan di perguruan tinggi itu.

Keseluruhan pendakwah itu, dibagi dalam 17 kelompok yang disebar pada 17 desa di Kecamatan Beutong Bawah, Nagan Raya, setiap kelompok beranggotakan 3-6 orang, termasuk di dalamnya seorang imam shalat, penceramah dan pendamping.

"Desa yang menjadi tujuan merupakan lokasi penempatan mahasiswa kuliah pengabdian masyarakat (KPM) tahun ini. Jadi, selain mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan pun juga ikut mengabdikan diri kepada masyarakat," sebutnya.

Adapun desa-desa tersebut seperti Bumi Sari, Blang Baro Rambong, Krueng Cut, Blang Baro PR, Blang Seumot, Lhok Seumot, Blang Dalam, Meunasah Dayah, Ujong Blang, Blang Neuang, Pante Ara, Keude Seumot, Blang Mesjid, Kuta Jeumpa, Meunasah Pante, Blang Seunong dan Babah Krueng.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018