Meulaboh (Antaranews Aceh) - Para pelaku usaha di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh belum sadar akan pentingnya mengurus izin usaha sehingga banyak usaha yang telah berdiri tidak memiliki legalitas hukum dari pemerintah daerah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTST) Aceh Barat, Syahril, di Meulaboh, Selasa, mengatakan, masih banyak pengusaha yang belum tertib mengurus izin, padahal pengurusan administrasi usaha untuk kenyamanan usaha mereka.

"Padahal mengantongi segala izin atau tertib administrasi sangat menguntungkan bagi pemilik usaha, seperti untuk pengembangan bisnis yang lebih luas, tentu tidak bakalan terbentur kekurangan segala administrasi dibutuhkan,"sebutnya.

Satu contoh manfaat adalah, dengan kelengkapan administrasi maka pengusaha bisa melakukan pengajuan kredit mikro maupun kredit mikro pada jasa perbankan, apalagi saat ini masih ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dikelola bank.

Syahril menyampaikan, selama ini, jika ada pemilik usaha mengurus ijin seperti Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), sebatas memenuhi kelengkapan adminitrasi saat melakukan pengambilan modal usaha atau KUR.

Syahril, menyebutkan, manfaat lain dengan ada kelengkapan administrasi usaha, maka akan terhindar dari persoalan sosial dan lingkungan tempat usaha itu berdiri, seperti usaha perbengkelan yang sering menuai protes tentang tata kelola sampah/limbah.

"Jika setiap pengurusan izin tempat usaha, akan memerlukan rekomendasi dari tetangga dan Kepala Desa sehingga telah kuat dasar pemberian ijin karena ada pengawasan melekat dari perangkat gampong," katanya.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini birokrasi pengurusan izin usaha sudah sangat dipermudah dan tidak berbelit - belit, bahkan gratis, seperti pengurusan SIUP dan SITU, tapi hanya membutuhkan beberapa kelengkapan data yang mesti disediakan.

Ia berharap, pengusaha yang sudah membangun usahanya, namun melupakan izin, diharapkan segera mengurusnya, walaupun kemudian nanti akan ada teguran, namun semua itu untuk membangun sebuah usaha yang bersih dan profesional.

Pemkab Aceh Barat, akan selalu terbuka dan mempermudah masyarakat yang hendak membangun usaha untuk memperkuat perekonomian masyarakat, apalagi saat ini wilayah Kota Meulaboh sudah menjadi jalur perdagangan di barat selatan Aceh.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018