Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh bertekad menjadi pelopor pengajaran bahasa Arab terbaik di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

"Kita bertekad UIN sebagai sentral pengajaran bahasa Arab dengan menjadikan UIN Ar-Raniry sebagai pelopor di Indonesia maupun Asia Tenggara," kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin, di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) di UIN Ar-Raniry yang dibuka Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof Kamaruddin Amin.

Ia menjelaskan bahasa Arab merupakan bahasa internasional dan bahasa yang digunakan dalam Al Quran maupun hadis serta berbagai kitab-kitab yang perlu intensif meningkatkan pengajarannya di masa mendatang.

"Salah satu langkah dalam mewujudkan UIN Ar-Raniry menjadi pelopor pengajaran bahasa Arab adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia mumpuni sehingga cita-cita ini dapat terwujud," katanya.

Selainitu, mengirim para staf pengajar ke Timur Tengah dalam pendalaman ilmu, sebaliknya mendatangkan para pakar dari Timur Tengah dalam pengajaran bahasa Arab.

Menurut dia dalam memperkuat bahasa Arab, maka perlu mengoptimalkan laboratorium bahasa dan berupaya setiap fakultas memiliki laboratorium bahasa sehingga pengajaran bahasa Arab berjalan maksimal di UIN Ar-Raniry.

Ia menambahkan, dalam meningkatan pengajaran bahasa Arab tersebut perlu juga memperbanyak bahan ajaran yang bertuliskan dengan bahasa Arab serta menerapkan metodologi serta teknik pengajaran yang efektif dalam mewujudkan UIN Ar-Raniry sebagai pelopor bahasa Arab di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018