Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Partai Demokrat menjadi partai politik pertama yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Independen pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe.

Ketua KIP Kota Lhokseumawe Mohd. Tassar, Minggu mengatakan, dari sejumlah parpol peserta pemilu 2019, Partai Demokrat yang pertama mengantarkan berkas Bacalegnya untuk didaftarkan.

"Kemarin dari Partai Demokrat, Sabtu (14/7), sekitar pukul 14.00 WIB,telah mendaftarkan Bacalegnya ke KIP Lhokseumawe," ujar Tassar.

Sebagaimana dikatakan olehnya, bahwa Partai Demokrat merupakan parpol pertama yang mendaftarkan Bacalegnya ke KIP Lhokseumawe sejak dibukanya pendaftaran Bacaleg 2019, mulai 4 hingga 17 Juli.

Sebut Ketua KIP Kota Lhokseumawe itu lagi, mengenai syarat pendaftaran sudah mencukupi, baik jumlah Bacaleg 100 persen dan juga keterwakilan kaum perempuan sebanyak 30 persen.

"Jumlah bacaleg yang didaftarkan sesuai dengan jumlah kursi di DPRK Lhokseumawe yakni 25 orang pada semua daerah pemilihan di Kota Lhokseumawe, begitu juga dengan keterwakilan kaum perempuan juga mencukupi 30 persen," terang Tassar.

Sementara itu, mengenai sejumlah parpol lain yang belum mendaftarkan bacalegnya ke KIP Lhokseumawe, baik parpol lokal maupun parpol nasional, pihaknya belum mengetahui persis. Namun ada yang sudah berkoordinasi akan segera mendaftarkan bacalegnya ke KIP.

"Sejumlah parpol lainnya, baik lokal maupun nasional ada yang sudah berkoordinasi dengan kita untuk segera mendaftarkan bacalegnya. Mungkin hari ini atau besok sampai dengan 17 Juli," terang Ketua KIP Lhokseumawe.

Sementara itu, sebagaimana diketahui, uji baca Alquran bagi bacaleg di Lhokseumawe, akan dilakukan pada 16 hingga 18 Juli di Islamic Centre Lhokseumawe.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018