Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 1.959 calon haji (Calhaj) Embarkasi Aceh yang tergabung dalam lima kelompok terbang telah tiba di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.

"Alhamdulillah Calhaj Kloter lima Embarkasi Aceh telah tiba di Arab Saudi pada pukul 10.30 Waktu Arab Saudi (WAS) atau sekitar pukul 14.30 WIB, selanjutnya mereka langsung menuju ke Mekkah di wilayah Misfalah sektor 10," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Aceh, Samhudi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan seiring tibanya kelompok terbang ke lima tersebut maka jumlah Calhaj yang telah tiba di Tanah Suci dari Embarkasi Banda Aceh sebanyak 1.959 orang.

Ia mengatakan sampai saat ini kondisi jamaah calon haji Aceh yang telah tiba di Arab Saudi dalam keadaan sehat, hanya beberapa jamaah calon haji (JCH) yang kelelahan dan dapat ditangani oleh petugas medis kloter.

 "Secara umum laporan dari petugas Kloter ke PPIH Embarkasi Aceh bahwa Jamaah Aceh keadaan sehat, sebagian yang kelelahan biasa dan sudah ditangani tim Medis kloter, dan ada satu jamaah yang harus dirujuk ke rumah sakit Indonesia di Arab Saudi, mudah-mudahan segera diberikan kesembuhan," kata Samhudi yang juga Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh.

Samhudi berharap proses penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan sebaik mungkin dan pelayanan yang lebih meningkat.

Pada musim haji 2018, Provinsi Aceh akan memberangkatkan sebanyak 4.467 calon haji ke Tanah Suci, Mekkah. Empat ribuan Calhaj tersebut terdiri dari dari 1.780 laki-laki dan 2.632 perempuan ditambah 56 orang petugas kelompok terbang.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018