Aceh Singkil (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Dulmusrid, melepas keberangakatan 13 jamaah calon haji (JCH) serta satu orang petugas di halaman Kantor Kementrian Agama (Kemenag) setempat, Kamis, siang.

Sebelum pelepasan itu, Dalmusrid, mengundang jamaah dan masyarakat daerah setempat untuk makan siang di kediamanannya untuk mengambil keberkahan sebelum dilepas keberangkatan jamaah itu ke Tanah Suci.

"Kegiatan ini dalam rangka menjelang keberangkatan jamaah yang tergabung dalam embarkasi Aceh, saya mengundang JCH dan masyarakat untuk makan bersama - sama,"kata dia.

Pelepasan jamaah calon haji Embarkasi Aceh itu dihadir oleh perwakilan Dandim 0109/ Singkil, Wakapolres Kompol Sutan Siregar, Ketua Pengadilan Singkil Sayed Tarmizi SH, Perwakilan Kejari Singkil, Para Kepala SKPK dan para undangan lainnya.

Dulmusrid juga mendoakan agar para calon haji asal Aceh Singkil selamat sampai tujuan ?di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, untuk diberangkatkan ke Mekkah.

"Jagalah kesehatan selama proses peribadatan wajib maupun sunah, semoga menjadi haji yang mabrur dan terus berkoordinasi dan komunikasi dengan pihak medis, agar kesehatan senantiasa selalu terjaga,"ujarnya.

Hanya 13 orang Jamaah Calon Haji Aceh Singkil yang berangkat tahun ini bersama dengan JCH lainnya yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) sembilan lewat Embarkasi Banda Aceh.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Drs H Salihin Mizal MA, mengatakan, total jamaah calon haji Aceh Singkil berjumlah 14 orang sudah termasuk satu orang petugas Tim Pemandu Haji Daerah(TPHD).

"Jamaah akan memasuki asrama haji (Embarkasi Banda Aceh) di Banda Aceh pada Sabtu 11 Agustus 2018 untuk mendapatkan pembekalan dan pemantapan pelaksanan ibadah,"sebutnya.

Nomor tempat duduk (sit) jamaah adalah 373 sampai dengan 356 yang akan diterbangkan pada hari Minggu 12 Agustus 2018 pukul 08.10 WIB dengan menggunakan Pesawat Garuda Airline nomor penerbangan 2109.

Kemudian para JCH Aceh Singkil ini bergabung dengan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Aceh yaitu Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Gayo Lues,dan Kota Subulussalam dengan jumlah sebanyak 393 orang JCH termasuk lima orang petugas.

Selanjutnya Salihin Mizal, menambahkan jamaah kloter sembilan ini akan menempati Maktab 41 dengan nomor rumah 507 di wilayah Mashab Jin Sektor 05, para jamaah akan ditanah suci selama lebih kurang 40 hari.

"Jamaah akan kembali pulang ke tanah air melalui Bandara King Abdul Aziz Madinah Al - Munawarah pada hari Sabtu 22 September 2018 dan akan tiba di Indonesia pada 23 September 2018,"jelasnya.

Serta Salihin Mizal juga menjelaskan bahwasanya daftar tunggu calon jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil sampai saat ini berjumlah 1.090 orang.
 

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018