Idi (Antaranews Aceh) - Umat muslim di sejumlah desa dalam Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, mulai Lebaran Idul Adha 1439 Hijriah pada Selasa.

Informasi yang diperoleh, pelaksanaan shalat Id ada yang dilaksanakan di Lapangan bola kaki di Desa Simpang Jernih dan ada di masjid dan surau-surau di desanya.

Ketika dilakukan pengecekan ternyata mereka memutuskan untuk melaksanakan shalat Idul Adha hari ini mengikuti waktu pelaksanaan wukuf di Arafah, Arab Saudi.

"Kami mengikuti arahan dan petunjuk ulama kampung di sini. Dan guru-guru kami di sini mengatakan bahwa pada Senin jamaah haji kita sedang melaksanakan wukuf di Arafah," kata Kepala Desa (Kades) Simpang Jernih, Andika, ketika dihubungi wartawan siang tadi.

Beberapa desa yang melaksanakan Shalat Id hari ini di Kecamatan Simpang Jernih antara lain Desa Simpang Jernih, Pante Kera, Tampor Bor, dan Tampor Paloh.

"Bahkan ada desa di sini yang sudah merayakan Idul Adha pada hari Senin (20/8) kemarin," sebut Andika.

Sementara itu, Ketua Nahdhatul Ulama (NU) Aceh Timur, H Akli Zikrullah, M.Hum saat dikonfirmasi wartawan membenarkan umat Islam di Kecamatan Simpang Jernih, sudah melaksanakan shalat Idul Adha, Selasa.

"Seharusnya perayaan Idul Adha, jatuh hari Rabu (22/8) besok sesuai keputusan Menteri Agama RI," ujar Akli.

Sepengetahuannya, lanjut dia, hanya 1 dari 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur yang melaksanakan shalat Idul Adha hari Selasa, selebihnya akan merayakannya sesuai keputusan pemerintah besok Rabu.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018