Meulaboh (Antaranews Aceh) - Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Aceh Barat, Polda Aceh, mengklaim tingkat pelanggaran lalu lintas di daerah itu semakin menurun seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas.

Kapolres Aceh Barat AKBP Bobby Aria Prakarsa melalui Kasatlantas AKP Edy Raharajo, di Meulaboh, Rabu, mengatakan dalam beberapa hari terakhir tercatat semakin kecil pelanggaran lalu lintas di jalan raya sehingga hampir tidak ada kasus laka lantas.

"Kalau untuk tingkat pelanggaran lalu lintas di Aceh Barat tergolong menurun, karena kita selalu melakukan upaya melalui berbagai cara, seperti edukasi dan sosialisasi," katanya.

Dia mengatakan, indikator menurunnya tingkat pelanggaran lalu lintas baik di Meulaboh sebagai pusat ibu kota kabupaten maupun di desa dilihat dari angka kecelakaan yang semakin berkurang.

Dengan sosialisasi serta penindakan melalui operasi yang dilakukan di daerah rawan terjadinya kecelakaan, pihaknya saat ini telah mampu menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas.

Polres Aceh Barat melalui Satlantas juga sering melaksanakan sosialisasi dan pendidikan ke sekolah, apalagi saat ini siswa yang masih duduk di bangku SMA/ SMP sederajat ?dominan menggunakan sepeda motor.

"Di sekolah juga kita kerja sama dengan dewan guru untuk memantau aktivitas siswa yang membawa kendaraan sendiri. Jika masih di bawah umur atau tidak memiliki SIM diimbau tidak membawa kendaraan sendiri," tegasnya.

Apabila polisi mendapati anak di bawah umur yang berkendara roda dua maupun menyetir mobil sendiri, sementara belum memiliki SIM, maka tetap akan dilakukan penindakan tanpa terkecuali oleh petugas di lapangan.

"Kita bawa ke kantor, kemudian menghubungi orang tuanya untuk diberikan arahan, jika penting untuk si anak berkendara sendiri maka orang tua harusnya meluangkan waktu mengantarkan anak ke sekolah," katanya.

AKP Edy Raharajo mengatakan lokasi yang rawan pelanggaran lalu lintas hingga kecelakaan yakni di jalan Meulaboh - Banda Aceh, di Kecamatan Arongan Lambalek, Sebab jalanan tersebut sering dilalui oleh angkutan umum.

"Menyambut HUT Polwan dalam waktu dekat ini kita juga akan kerahkan tim ke setiap sekolah di Aceh Barat untuk dilakukan sosialisasi," katanya.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018