Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) membuka rekening donasi bagi korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Sudah bisa disalurkan lewat BRI KCP Peunayong di nomor rekening 2056-01-000365-30-2 atas nama Gempa dan Tsunami Palu," kata Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek, di Banda Aceh, Selasa.

Bagi yang telah memberikan donasi agar mengirimkan bukti transfer kepada pihaknya di nomor pesan lewat WhatsApp atau aplikasi pesan instan untuk telepon seluler +62812-6933-147.

Atau bisa juga mengirim kepada Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Aceh, Nasir Nurdin dengan nomor WhatsApp +62811-6888-98.

"Kepada semua pihak yang sudah mencatatkan komitmen atas donasi untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sulteng, silakan mentransfer ke nomor rekening itu," ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut tidak dilarang karena berlandaskan Undang-undang No.9/1961 tentang Pengumpulan Uang dan Barang, dan Peraturan Pemerintah No.29/1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan.

Rujukan bagi kedua peraturan ini Undang-undang No.24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. Utuk di Aceh sendiri, turunan dasar hukum bencana diatur dalam Qanun No.6/2010 tentang Penggulangan Bencana Aceh.

"Penggalangan dana ini dilaksanakan dengan aman, dan tanpa kecurigaan masyarakat bahwa dana tersebut tidak untuk kepentingan pribadi," kata Dadek.

Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin menambahkan, donasi masyarakat provinsi ini bagi korban gempa dan tsunami di Palu, dan Donggala, Sulawesi Tengah telah terkumpul Rp332,89 juta.

"Alhamdulillah, hingga pagi tadi donasi Aceh untuk Palu mencapai Rp332,89 juta dengan jumlah donatur di urutan 207," katanya.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah mencapai 844 orang.

"Data itu masih bisa bertambah karena jenazah terus berdatangan," kata Sutopo, kemarin.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter yang telah dimutakhirkan oleh BMKG menjadi 7,4 Skala Richter mengguncang wilayah Palu dan Donggala pada Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB.

Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer itu berada pada 27 kilometer Timur Laut Donggala.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018