Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Aceh menyebut penggalangan donasi masyarakat yang dibuka oleh Pemerintah Provinsi Aceh rencananya bakal disalurkan untuk pembangunan satu unit masjid yang terletak di Palu, Sulawesi Tengah.

"Jika rencana ini terwujud, maka masyarakat Aceh akan membangun masjid kedua di lokasi bencana tahun ini," kata Ketua FPRB Aceh Nasir Nurdin di Banda Aceh, Kamis.

Sebelumnya, kata dia, penggalangan donasi pertama melalui aksi "Aceh Peduli Lombok" terkumpul dana Rp1,1 miliar, dan digunakan untuk membangun kembali Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Ia menjelaskan, kondisi bangunan Masjid An-Nur yang terletak di Lombok Utara tersebut mengalami hancur total akibat peristiwa gempa bumi yang terjadi pada 5 Agustus 2018.

Sama halnya dengan penggalangan dana di NTB, kali ini melalui aksi "Donasi Aceh untuk Palu" yang terus mengalir digagas oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ahmad Dadek, dan Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri.

Bantuan uang yang sedang terus digalang bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tersebut akan disalurkan pada masa rehabilitasi dan rekontruksi di provinsi itu.

"Untuk peletakan batu pertama pembangunan Masjid (An-Nur) dengan ukuran 15x15 meter yang berkonstruksi bambu itu, akan dilakukan plt (pelaksana tugas) gubernur Aceh dalam waktu dekat ini," kata Nasir.

Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek mengatakan, telah terkumpul dana melalui aksi "Donasi Aceh untuk Palu" sebesar Rp771.828.440 dengan jumlah donatur sementara 281 orang.

"Tapi total dana di saldo rekening donasi kita di BRI Peunayong hingga pagi ini atau pukul 9.00 WIB, baru terkumpul Rp452.590.868," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018