Meulaboh (Antaranews Aceh) - Komandan Korem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Aswardi mengintruksikan jajaranya membantu penanganan dampak banjir yang melanda wilayah barat selatan Provinsi Aceh.

"Sampai hari ini laporan saya terima tertangani dengan baik, seluruh jajaran sudah kita intruksikan membantu pemda setempat dalam berbagai aksi kemanusiaan," katanya di sela-sela kopi pagi bersama sejumlah jurnalis di Meulaboh, Kamis.

Dalam dua pekan terakhir, banjir melanda hampir semua wilayah teritorial Korem 012/TU yang berpusat komando di Meulaboh, mulai dari Kabupaten Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Selatan, Nagan Raya, Simeulue, Aceh Barat, Aceh Jaya hingga Kota Sabang.

Kolonel Aswardi berkata, TNI sebagai bagian dari rakyat di bawah satuan Komando Distrik Militer (Kodim) masing-masing kabupaten/kota ikut membantu penanganan korban bencana alam seperti banjir yang terjadi beberapa hari terakhir.

"Ada beberapa wilayah titik banjir, Aceh Jaya salah satunya sudah saya monitor, Aceh Singki juga ada beberapa titik. Di beberapa tempat itu sudah saya intruksikan membantu pemerintah daerah dan sudah ada rapat di BPBD personel TNI bergabung," tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, penanganan terhadap dampak banjir di beberapa kabupaten/kota wilayah hukum Korem 012/TU disesuaikan dengan kebutuhan daerah, berkaitan dengan kebutuhan personel jajaran yang selalu siap siaga ketika dibutuhkan.

Selain itu, setiap Kodim memiliki tanggungjawab masing-masing ke wilayahan dalam memberikan pelayanan saat terjadi bencana alam, selama ini jajaran TNI tidak pernah tinggal dalam sekecil apapun kegiatan kemanusiaan di tengah masyarakat.

"Penanganannya saya pikir tergantung tingkat permasalahanya, kalau masalah untuk menanggani sektor yang tidak bisa diatasi/darurat maka kita bantu meminta alat berat. Secara fisik kami selalu siap, kalau pun banjir terus menerus," imbuhnya.

Dalam dua pekan terakhir, banjir melanda beberapa kabupaten di wilayah Aceh, terutama di Kabupaten Aceh Barat, terpaksa warga diungsikan pada Rabu (10/10) malam akibat banjir luapan Sungai Meureubo yang merendam permukiman Desa Pasie Leuhan, Aceh Barat.

Demikian halnya di Kabupaten Nagan Raya, jajaran TNI Kodim 0116/ Nagan Raya dalam dua hari ini turun ke sejumlah titik lokasi banjir, melakukan monitoring dan membantu evakuasi warga apabila ada yang terjebak banjir seperti pada kejadian pekan lalu.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018