Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Harga berbagai komoditas hasil perkebunan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh dalam dua bulan terakhir, fluktuatif dan cenderung menurun dibandingkan sebelumnya.

Petugas informasi pasar pada Dinas Perkebunan dan Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPPKH) Kabupaten Aceh Utara, Ida Ramadhani di Lhokseumawe, Jumat menyatakan, komoditas perkebunan di Aceh Utara sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya permintaan konsumen, sehingga harganya juga berubah-ubah dengan cepat.

Untuk jenis lada hitam Rp45.000/Kg dan lada putih Rp80.000/Kg. Harga lada terus menurun sejak beberapa bulan lalu, dari harga Rp160 ribu menjadi Rp80 ribu seperti sekarang.

Sementara itu, untuk kakao, juga menurun dari Rp30 ribu menjadi Rp26 ribu/Kg. Menurunnya harga coklat tersebut, telah terjadi dalam sebulan terakhir. Sedangkan harga karet masih bertahan rendah Rp7.000/Kg, kelapa dalam harganya masih bertahan stabil Rp4.000/butir dan untuk harga kopra sebesar Rp6.000/Kg.

Sementara untuk kelapa sawit dalam beberapa pekan terakhir harganya turun menjadi Rp1.000 dari sebelumnya Rp1.200/Kg, pinang juga masih naik turun dan sekarang bertahan Rp13 ribu/Kg.

Untuk kemiri, harganya bertahan stabil, yakni kemiri bulat Rp5.000 dan kemiri kupas Rp20 ribu/Kg. Sementara untuk jenis pinang kupas mengalami penurunan menjadi Rp12 ribu/Kg dari seblumnya Rp15 ribu/Kg, papar petugas pasar komoditi Aceh Utara tersebut.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018