Balang Pidie (Antaranews Aceh) - Salah satu hasil perkebunan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yakni buah durian yang kini memasuki musim panen tidak hanya digemari pasar di daerah tersebut, tapi juga sampai ke Sumatera Utara kata petani dearah setempat.
     
"Durian yang ada di daerah kita saat ini tidak hanya di pasarkan di dalam provinsi saja, tapi juga sampai ke pasar Sumatera Utara melalui agen yang langsung memborong hasil perkebunan itu," kata Kepala Desa Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya M Ali di Blangpidie, Sabtu.
     
Ia menjelaskan panen durian yang kini sedang berlangsung di daerah tersebut memberikan dampak positif terhadap pendapatan masyarakat di daerah sekitar, terutama yang memiliki kebun.
     
"Sejak sepekan terakhir warga desa saya sibuk membersihkan kebun dikawasan gunung dan membuat gubuk-gubuk sederhana tempat mereka berteduh menunggu buah durian jatuh dari pohonnya," ujar Ali.

Baca juga: Petani Abdya minta penyuluhan penyadapan pohon karet
     
Menurut dia selama musim durian tersebut daerahnya banyak hilir mudik kendaraan bermotor baik pemilik kebun dan juga para pembeli yang datang langsung ke kebun durian.
     
Ia mengatakan musim panen durian tersebut memberikan nilai tambah kepada masyarakat sekitar sehingga upaya merawat dan menjaga perkebunan durian itu terus dilakukan secara berkelanjutan oleh masing-masing pemilik.
     
"Musim panen durian ini sebenarnya juga bisa menjadi bagian dari wisata, di mana para pencinta durian khususnya dapat membeli dan menikmati langsung durian di kebun," katanya.

Baca juga: 96 gampong di Abdya kembangkan ayam KUB
 

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018