Banda Aceh  (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kota Banda Aceh terus berupaya menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan dengan melakukan berbagai program peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Kendati angka pengangguran dan kemiskinan kini terus turun, namun kami terus berupaya menurunkannya serendah mungkin," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Sabtu.

Dia menyebutkan, angka pengangguran di Kota Banda Aceh sebesar 7,75 persen. Sedangkan kemiskinan berada di angka 7,45 persen. Dan angka tersebut terus diupayakan ditekan serendahnya.

Menurut Aminullah, upaya yang diyakini mampu menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan adalah dengan meningkatkan keterampilan sumber daya manusia.

"Kami meyakini program meningkatkan keterampilan sumber daya manusia, khususnya para pemuda, bisa menekan angka pengangguran," ungkap mantan Direktur Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh tersebut.

Dia mengatakan saat ini Pemerintah Kota Banda Aceh sedang memberikan pelatihan mekanik dan teknisi, seperti keterampilan las maupun bongkar pasang mesin sepeda motor.

Dengan harapan, kata dia, puluhan pemuda yang dilatih tersebut memiliki keterampilan, sehingga memudahkan mereka mendapat pekerjaan. Dan bahkan diharapkan mampu membuka usaha sendiri.

"Kami juga berharap mereka ini bisa membuka lapangan kerja atau mempekerjakan orang lain. Dengan begitu, upaya pemerintah kota menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan bisa tercapai," pungkas Aminullah Usman.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018