Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, berkomitmen dan terus melakukan peningkatan laporan data keuangan daerah sesuai perundang-undangan yang berlaku.

"Kami komitmen dan akan terus melakukan perbaikan laporan keuangan daerah," kata Wali Kota Sabang Nazaruddin di Banda Aceh, Kamis.

Ia menyatakan hal itu usai menerima penghargaan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Penghargaan opini WTP tersebut diserahkan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Aceh, Zaid Burhan Ibrahim pada rapat koordinasi yang dihadiri Wali Kota dan Bupati se Aceh.

"Syukur Alhamdulillah Pemko Sabang berhasil meraih opini WTP atas LKPD dari tahun anggaran 2012 hingga 2017. Capaian ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak dan saya atas nama Pemerintah Kota Sabang mengucapkan terimakasih kepada semua aparatur sipil negara yang telah bekerja dengan tulus dan ikhlas," ujar dia.

Selain Kota Sabang, 22 kabupaten/kota lainnya, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen, Nagan Raya, Aceh Jaya, Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh, Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Barat, dan Kota Subulussalam serta Kabupaten Simeulue juga menerima penghargaan serupa.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sabang, Azwardi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menyusun laporan keuangan daerah sehingga meraih opini WTP atas LKPD dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Aceh.

"Kami akan terus melakukan penyempurnaan terkait laporan data keuangan daerah dan catatan BPK terkait laporan keuangan itu akan kami evaluasi untuk perbaikan dimasa yang akan datang," katanya.

Pemko Banda Aceh merupakan satu-satunya daerah yang berhasil meraih opini WTP atas LKPD 10 kali berturut-turut yakni dari tahun 2008 sampai dengan 2017. Kemudian disusul Kabupaten Aceh Besar dan Kota Sabang masing-masing enam kali secara beruntun.

"Kota Banda Aceh berhasil menyusun dan mendapatkan opini WTP atas LKPD dari Tahun 2008 sampai 2017 secara berturut-turut," kata Kepala Kanwil DJPb Provinsi Aceh, Zaid Burhan Ibrahim.?

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil DJPB Provinsi Aceh, Zaid Burhan Ibrahim juga menyerahkan plakat dan piagam penghargaan serta buku Dana Desa kepada Pemerintah Aceh yang diterima oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah
.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018