Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meraih Wali Kota Entreprenuer Award 2018 karena dinilai berhasil membuat terobosan kreatif dan inovatif dalam melahirkan jiwa entrepreneurship bagi masyarakat.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Banda Aceh Taufiq Alamsyah di Banda Aceh, Kamis, mengatakan, penghargaan diserahkan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Jakarta, Rabu (5/12).

"Wali Kota meraih penghargaan ini untuk kategori Kemiskinan. Wali Kota dianggap berhasil melahirkan jiwa entrepreneurship serta berhasil mengurangi pengangguran dan kemiskinan," kata Taufiq Alamsyah.

Menurut dia, terobosan dilakukan Wali Kota Banda Aceh melahirkan jiwa entrepreneurship yakni dengan membuka Lembaga Keuangan Mikro Syariah PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS).

Lembaga keuangan mikro tersebut sebagai solusi strategis dalam menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran. Serta masyarakat keluar dari jeratan rentenir yang kapitalis.

"Lembaga keuangan mikro ini menjadi poin penting penilaian yang akhirnya membuat Bapak Aminullah Usman meraih penghargaan Wali Kota Entreprenuer Award," kata.

Taufiq Alamsyah menyebutkan, PT MMS merupakan model lembaga keuangan mikro pertama di Indonesia sebagai inovasi baru dari Pemerintah Kota Banda Aceh. Dan ini merupakan ide Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Mengutip pernyataan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman usai menerima Wali Kota Entreprenuer Award 2018, Taufiq Alamsyah mengatakan, Wali Kota mengaku bahagia. Namun, kebahagiaan itu bukan karena menerima penghargaan.

Tapi, kebahagiaan bahwa program-program yang dilaksanakan berjalan sukses. Kemudian benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kota, kata Wali Kota.

"Beliau tidak pernah berpikir bekerja mendapatkan penghargaan. Beliau bersama Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin hanya bekerja ikhlas untuk kesejahteraan masyarakat," pungkas Taufiq Alamsyah.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018