Meulaboh (Antaranews Aceh) - Sekolah Tinggi Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat meluncurkan aplikasi perpustakaan digital untuk mempermudah masyarakat kampus mengakses bahan bacaan.

Kepala UPT Perpustakaan STAIN Meulaboh, Dian Ayuningtyas, M.Pd, di Meulaboh, Jumat, mengatakan, civitas akademika saat ini bisa mengakses bahan bacaan berbasis elektronik secara gratis melalui aplikasi E-Library tersebut.

"Kehadiran perpustakaan digital ini, diharapkan mempermudah masyarakat kampus dalam mengakses bahan bacaan, sekaligus untuk meningkatkan minat baca," katanya dalam siaran pers yang diterima Antara.

Dian, mengatakan, hadirnya E-Library tersebut, merupakan satu inovasi yang dikembangkan perpustakaan perguruan tinggi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, untuk mendongkrak minat baca di kalangan mahasiswa dan dosen.

"Kini membaca bisa semakin menyenangkan. Kapan saja dan di mana saja, referensi-referensi di perpustakaan bisa diakses dengan mudah. E-Library ini tersedia dalam versi android dan windows," sebutnya lagi.

Dia menjelaskan, bahan bacaan yang terdapat di E-Library STAIN TDM juga bisa diakses secara bebas oleh masyarakat umum, dengan demikian masyarakat bisa teredukasi dengan literasi digitan tersebut.

Peluncuran E-Library dilakukan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr Syamsuar, M. Ag, turut hadir dosen dan mahasiswa, perwakilan pengelola perpustakaan daerah dan pihak sekolah serta perwakilan perguruan tinggi.

"Lima tahun ke depan, kita berharap STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh bisa menjadi kiblat ilmu pengetahuan di Aceh, sekaligus menjadi perguruan tinggi Islam berbasis teknologi," jelasnya.

Syamsuar, menyampaikan, hadirnya perpustakaan digital merupakan bentuk kemajuan yang dialami kampus, dan akan terus dilakukan pengembangan untuk penyempurnaan pada masa mendatang.

Diharapkan juga, penerapan aplikasi itu menjadi contoh bagi perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang ada di wilayah Barat Selatan Aceh, dengan hadirnya perpustakaan itu membawa dampak positif bagi perkembangan ilmu teknologi.

"Kehadiran E-Library STAIN TDM akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan tentunya lebih mudah untuk membaca buku," tambah mahasiswi semester akhir, Cut Neli Wahyuni.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018