Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Bantuan masyarakat, dan Pemerintah Aceh mencapai Rp3,1 miliar bakal digunakan untuk membangun kembali Masjid Jami’ Nurul Hasanah terletak di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Terhitung kemarin (Selasa, 8/1), mulai kita diratakan. Selanjutnya dibangun dengan memanfaatkan donasi masyarakat, dan Pemerintah Aceh," terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan, keputusan pembangunan masjid jami’ ini berdasarkan rekomendasi tim yang telah dikirim Pemerintah Aceh guna meninjau rumah ibadah mengalami kerusakan parah di Sulawesi Tengah tahun lalu.

Tim sempat mengkaji, dan melakukan analisa mendalam terutama besaran dana. Termasuk hasil koordinasi dengan instansi terkait, seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Pemerintah Kota Palu, dan pengurus masjid.

Seperti diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, lebih dari 1.948 orang menjadi korban meninggal dunia akibat bencana gempa, dan tsunami di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).

"Melihat letak di tengah kota dan menjadi pusat ibadah, maka kita diputuskan untuk membangun kembali Masjid Jami' Nurul Hasanah," katanya.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh (PRBA), Nasir Nurdin menambahkan, masih terdapat dana yang dihimpun melalui "Donasi Aceh untuk Palu", tapi belum direalisasikan oleh donatur dari total komitmen Rp3,1 miliar.

"Kita berharap kepada yang sudah berkomitmen agar segera merealisasikan donasinya, boleh diantar langsung ke Kantor BPBA atau transfer ke BRI KCP Peunayong Norek. 2056-01-000365-30-2 atas nama gempa dan tsunami Palu," terang ketua Forum PRBA selaku unsur pendukung penggalangan dana.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019