Nagan Raya (Antaranews Aceh) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh terus berfokus menata Suka Makmue sebagai lokasi pusat pemerintahan agar lebih indah dan menarik.

Kepala DLHK Nagan Raya, Teuku Hidayat, di Nagan Raya, Rabu, mengatakan, pihaknya berfokus membenahi kebersihan dan membangun suasana baru di seputar Suka Makmue sebagai Ibu kota Kabupaten Nagan Raya yang berusia 15 tahun itu.

"Kita pada 2019 akan fokus untuk membenahi kebersihan dan penaataan taman - taman kota. Kita ingin membangun lingkungan, terutama di pusat kota yang ramai penduduk itu bersih dan asri," katanya.

Pihaknya akan berupaya melakukan pembersihan sampah di sejumlah titik lingkungan yang masih terlihat kotor dan melakukan rehabilitasi pada sejumlah fasilitas taman kota sehingga terlihat lebih menarik.

Kemudian, membersihkan area - area umum, peremajaan taman kota, mengoptimalkan pengutipan sampah plastik di sepanjang aliran irigasi maupun selokan, serta melakukan perbaikan pagar taman tengah kota di sepanjang Jalan Nasional di Ujung Patihah.

Sementara Kepala Bidang Kebersihan, Marizal, menambahkan, pihak DLHK Nagan Raya juga berupaya mengurangi volume sampah dengan program pembinaan pengolahan sampah dan pengawasan kepada petugas kebersihan.

"Kita mengerahkan setiap harinya itu 10 unit truk pengangkut sampah untuk membersihkan kota, yang nantinya truk pengangkut sampah akan membawa sampah - sampah itu ke Tempat Pembuangan Akhir untuk diolah menjadi pupuk organik," katanya.

Selain program kebersihan, DLHK Kabupaten Nagan Raya, ingin mengajak peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan lingkungan bersih dengan pola hidup bersih, salah satunya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
 

Pewarta: Bahariandy Mahardeka

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019