Sabang (Antaranews Aceh) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang menyatakan, jumlah wisatawan mancanegara atau wisman yang berkunjung ke Kota Sabang, Provinsi Aceh, selama 2018 sebanyak 6.691 orang dan 3.988 orang diantaranya bebas visa kunjungan.

"Sepanjang tahun 2018 jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang 6.691 orang dan 3.988 diantaranya bebas visa kunjungan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang, Anton Helistiawan melalui Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Said Azhar di Sabang, Selasa.

Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 telah membebaskan 169 negara di Asia, Eropa dan Afrika dari kewajiban memiliki visa saat kunjungan ke wilayah Indonesia.

"Jadi, 3.988 wisatawan asing yang bebas visa kunjungan ke Sabang, Aceh dan Indonesia pada tahun 2018 itu berasal dari 77 negara, dari Asia, Eropa hingga Afrika," sebutnya.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang pada tahun 2018, katanya, juga mengeluarkan visa kedatangan atau visa on arrival untuk 31 wisata asing, dan 36 orang visa kunjungan atau (B211) serta tujuh orang asing mendapat surat jalan darurat atau emergency pass.

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang berkunjung ke Sabang agar setiap pelancong memperoleh kenyamanan saat berwisata ke Sabang," kata dia.

Imigrasi Sabang juga mencatat kunjungan wisatawan asing dari berbagai negara di Asia, Eropa hingga Afrika ke Pulau Weh (Sabang) meningkat hingga 98 persen pada 2018 dibandingkan tahun lalu.

"Kunjungan wisatawan asing ke Sabang meningkat tajam, tahun 2017 kunjungannya 3.387 orang dan pada tahun 2018 kunjungannya 6.691 orang," katanya.

Wisatawan mancanegara melakukan kunjungan wisata ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan kapal pesiar, kapal layar, dan bahkan ada yang menggunakan pesawat pribadi.

Wisatawan domestik maupun internasional ketika berlibur ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) kerap kali melakukan aktifitas wisata penyelaman di atas permukaan laut (snorkling) di kawasan Pulau Rubiah serta menyelam di kedalaman 15 hingga 60 meter.

Para wisatawan juga bisa menikmati hamparan pantai pasir putih Iboih dan Sumur Tiga yang menghadap langsung ke laut lepas Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Selanjutnya monumen nasional Tugu Kilometer Nol Indonesia serta destinasi wisata heritagge lainnya seperti Benteng-Benteng Jepang.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019