Meulaboh (Antaranews Aceh) - Tokoh muda Kabupaten Aceh Barat, Rahmad Ozer, berharap adanya maskapai penerbangan yang bersedia melayani masyarakat di Bandara Cut Nyak Dhien tujuan Kualanamu dan sebaliknya, karena hingga kini masih terbatas.

"Di Lhokseumawe, Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia sudah melayani ?Lhokseumawe - Kualanamu, harusnya di wilayah kita juga ada maskapai selain Wings Air, untuk mengoptimalkan pelayanan jasa," katanya di Meulaboh, Kamis.

Rahmad Ozer, merupakan seorang pekerja sosial Aceh yang hampir setiap hari menggunakan jasa maskapai penerbangan untuk kegiatannya di Aceh maupun ke luar Aceh, namun terkadang harus tertunda karena terbatas jadwal penerbangan.

Selama ini ia, menggunakan via Banda Cut Nyak Dhien Meulaboh, yang secara administrasi berada di Kabupaten Nagan Raya, di bandara tersebut hanya dilayani maskapai Wings Air dengan frekuensi penerbangan empat kali dalam satu minggu.

"Sebelum ada gejolak kenaikan harga tiket, Wings Air memberikan layanan setiap hari, tapi saat ini hanya empat kali dalam satu minggu dari Bandara Cut Nyak Dhien ke Kualanamu, Deli Serdang, Sumut," jelasnya.

Rahmad yang juga wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh Barat, ini menyampaikan, bila menggunakan jasa angkutan darat dari Aceh - Medan membutuhkan waktu 14 jam, sementara menggunakan pesawat hanya 45 menit.

Ia meminta, terutama sekali kepada pihak pengelola Bandara Cut Nyak Dhien melakukan upaya serius untuk mendatangkan perusahaan atau maskapai penerbangan lain untuk membuka rute lintasan Meulaboh - Medan itu.

"Kita meminta kepada pihak pengelola Bandara Cut Nyak Dhien, agar menambahkan penerbangan atau mendatangkan pesawat Citilink. Karena selama ini cuma satu pesawat Wings Air, itu pun sudah tidak terbang setiap hari," sebutnya.

Dengan adanya penambahan maskapai penerbangan di lintasan Meulaboh - Medan dan sebaliknya itu, diyakini akan membuat persaingan lebih sehat, terutama dalam penentuan standar kebijakan harga tiket Wings Air yang dinilai sudah terlalu tinggi.

Saat ini harga tiket pesawat Wings Air dari Meulaboh - Medan seharga Rp778.000/ jiwa sampai dengan Rp953.000/ jiwa, maskapai Wings Air hanya melayani sesuai jadwal empat hari selama seminggu, yakni Senin, Rabu, Jum`at dan Minggu.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019