Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyatakan, dari hasil pengamatan hilal atau bulan dilakukan oleh tim falakiyah, maka diputuskan 1 Rajab 1440 Hijriah jatuh pada hari ini atau Jumat 8 Maret 2019.

"Hasil tim kami di pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang di Lhoknga (Aceh Besar), bahwa awal bulan Rajab 1440 Hijriah sudah terlihat," ujar Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Daud Pakeh di Banda Aceh, Jumat.

Hal itu disampaikannya berdasarkan hasil pengamatan hilal awal bulan Rajab 1440 Hijriah oleh tim Falakiyah Kemenag Aceh di Observatorium Hilal Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kamis (7/3).

"Dengan demikian masyarakat dapat mempersiapkan diri sejak sekarang untuk berpuasa, dan juga persiapan menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini," terang Daud.

Alfirdaus Putra Salma, salah seorang dari tim Falakiyah Kanwil Kemenag Provinsi Aceh menambahkan, hilal terlihat di pukul 19.9.18 Wib menggunakan Teleskop Refraktor Vixen Apo 180.

"Sedangkan ketinggian hilal hari ini adalah 9 derajat 1 menit, dan ketigian hilal saat pertama diamati 4 derajat 11 menit 26 detik," jelasnya.

Ia mengklaim, dari data seluruh wilayah di Indonesia yang melakukan rukyatul hilal, hanya di Provinsi Aceh yang berhasil terlihat hilal dengan jelas.

Ia mengaku, adapun instrumen yang digunakan dalam pengamatan hilal, yaitu Teleskop Refraktor Apo 180 M, Teleskop Refraktor Loptron, dan Teleskop Reflektor Vc200L.

"Pengamantan hilal hari ini juga disaksikan oleh 40 santri Ruhul Islam Anak Bangsa," kata Alfirdaus.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019