Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Provinsi Aceh, melakukan sosialisasi kepada ibu rumah tangga terkait Program Jaminan Kesehatan – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman lebih terkait Program JKN-KIS. Selain itu, juga bertujuan agar masyarakat mau mendaftarkan anggota keluarga yang belum terdaftar ke dalam Program JKN-KIS, ungkap Faisal Bukit Pejabat Penganti Sementara (PPs) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Rabu.

Sebutnya, meskipun masyarakat Aceh khususnya wilayah Kota Lhokseumawe sudah lebih dari 95 persen terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, akan tetapi pihaknya merasa perlu melakukan sosialisasi lagi, sehingga yang belum memiliki jaminan sosial kesehatan untuk segera mendaftar.

"Memang benar masih ada yang belum terdaftar walaupun tidak banyak. Umumnya yang belum didaftarkan itu adalah anggota keluarga baru, seperti anak baru lahir, atau pun baru didaftarkan ke pencatatan sipil," jelas Faisal.

Terkait upaya tersebut, Faisal Bukit menyatakan, pihak BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi kepada para ibu rumah tangga di Desa Hagu Barat Laut, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, agar mau mendaftarkan anggota keluarganya yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

"Seperti yang dilakukan di Desa Hagu Barat Laut, kami mengimbau agar masyarakat segera mendaftarkan ke Program JKN-KIS untuk seluruh anggota keluarganya supaya tidak terkendala didalam mendapatkan pelayan kesehatan," jelas Faisal Bukit.

Seperti diungkapkan oleh Fatimah, ibu rumah tangga di Desa Hagu Barat Laot, yang mengatakan bahwa dengan adanya pihak BPJS turun ke desa-desa, lebih memudahkan warga didalam mendaftarkan anggota keluarganya ke dalam program JKN-KIS.

"Alhamdulillah mau turun ke gampong (desa), jadi kami lebih ringan dan dekat, serta tidak perlu lama-lama meninggalkan pekerjaan rumah," ujarnya.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019