Anggota DPRA Zaenal Abidin meminta kepada Pemerintah Aceh dan pihak terkait lainnya, agar segera melakukan penanganan terkait longsornya abutmen Jembatan Peuribu yang kini semakin tergerus DAS Woyla.

Lokasi jembatan ini berada di lintasan Banda Aceh-Meulaboh tepatnya di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

"Kita khawatir apabila kondisi kerusakan ini semakin dibiarkan, maka tak menutup kemungkinan jembatan tersebut akan roboh dan jatuh ke dalam sungai," kata Zaenal Abidin kepada Antara, Senin (18/3) di Meulaboh.

Ia juga berharap jangan sampai ketika jembatan sudah roboh, baru dilakukan perbaikan atau penanganan karena dipastikan masyarakat yang akan berangkat ke Banda Aceh dari Meulaboh atau ke kawasan pantai barat selatan Aceh, akan menggunakan sarana rakit penyeberangan.

Informasi yang ia peroleh, longsor di bagian kanan abutmen jembatan dengan panjang sekitar 100 meter lebih tersebut kini sudah semakin parah dan memprihatinkan.

Oleh karena itu, Zaenal meninta Pemerintah Aceh memberikan perhatian serius, mengingat dari hari ke hari erosi terus menerjang bagian abutmen jembatan yang padat dilintasi pengguna jalan.

"Kita minta Pemerintah Aceh turun tangan melakukan tindakan apa yang lebih baik, agar Jembatan Peuribu, Arongan Lambalek, Aceh Barat ini tidak semakin tergerus erosi," harapnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019