PT Karya Tanah Subur (PT KTS) bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mengadakan sosialisasi perpajakan kepada mitra perusahaan kelapa sawit yang ada di wilayah itu, Kamis (21/3).

Sosialisasi yang dihadiri oleh sejumlah agen pengumpul kelapa sawit itu dipusatkan di pusat administrasi perusahaan di kawasan Padang Sikabu, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

"Kami ingin agar seluruh mitra PT KTS bersama-sama dalam mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku. Pajak adalah salah satu contohnya," kata Administratur PT Karya Tanah Subur (KTS) Aceh Barat, Martuah Nasution kepada Antara, Kamis.

Kegiatan sosialisasi ini juga diharapkan dapat menginspirasi sejumlah pemangku (stakeholder) perkebunan sebagaimana misi perusahaan yakni menjadi panutan dan berkontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa.

Kegiatan ini juga dalam rangka pendidikan dan edukasi mitra PT KTS baik pengumpul maupun petani sebagai sebuah komitmen PT KTS untuk memajukan mitranya.

"Kemitraan menjadi jiwa PT KTS. Oleh karena itu sejahtera bersama masyarakat dan seluruh mitra menjadi tujuan kami," tambahnya.

Menurut Martuah, PT KTS sebagai anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk sangat peduli terhadap seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk di bidang perpajakan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Meulaboh, Okke dalam pemaparannya mengatakan sosialisasi perpajakan ini bertujuan agar segenap wajib pajak PT KTS, karyawan, dan mitra, pedagang pengumpul/pemasok TBS, baik orang pribadi maupun badan usaha, dapat menyampaikan SPT Tahunan PPh dengan jelas, benar, dan tepat waktu.

Sebagaimana diketahui, sektor perkebunan dari hulu ke hilir menjadi sektor yang memberikan kontribusi besar dalam perekonomian di Aceh.

"Sebagian besar perekonomian di tiga kabupaten yakni Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Nagan Raya disokong oleh perkebunan baik dari sisi pertaniannya, industri pengolahan, dan juga perdagangan," kata Okke.

Dengan potensi yang sangat besar itu, diharapkan pendapatan pajak juga besar.

Sebagaimana diketahui fungsi pajak sebagai transfer. Pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

"Dana desa, BPJS, dan dana pendidikan, sebagai contoh, bersumber dari pajak. Dengan demikian pajak kita untuk kita sendiri," kata Okke.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019