Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan sejumlah pejabat dari forum Indonesia Malaysia Thailand-Growth Trianggle (IMT-GT) membahas percepatan pembangunan di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Pembahasan berlangsung di ruang kerja Wali Kota Banda Aceh di Banda Aceh, Kamis (21/3). Sejumlah pejabat pemerintah kota turut mendampingi Aminullah Usman dalam pertemuan tersebut.

Delegasi IMT-GT yang dipimpin Firdaus Dahlan dan mengikutsertakan Deputy Director Wariya Pisuchpen yang berkebangsaan Thailand. Pertemuan dan pembahasan berlangsung sekitar satu jam lamanya.

Aminullah Usman yang saat ini menjabat Ketua Green Cities Mayor Council Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) menyampaikan Banda Aceh telah menjalankan sejumlah program kota hijau

"Selain itu, juga menjalankan program peningkatan penyediaan air bersih dan program penghematan energi," kata Wali Kota menyebutkan

Pemerintah kota melalui PDAM Tirta Daroy, sebut Aminullah Usman, menargetkan pelayanan air bersih bisa dinikmati dengan lancar pada awal tahun 2020. 

"Program ini butuh dana besar dan sebagian kebutuhan dialokasikan dalam APBK Banda Aceh 2019. Untuk mempercepat realisasi, kami mohon IMT-GT ikut membantu," pinta Aminullah.

Selain air bersih, kedua pihak juga membahas program penghematan energi sebagai bagian dari realisasi kota hijau. Program ini dimulai penggunaan lampu LED yang lebih hemat energi untuk jalanan di Banda Aceh.

“Mengganti lampu lampu jalan dengan lampu hemat energi juga butuh dana. Kami mohon IMT-GT bisa memberikan bantuan juga,” pinta Aminullah.

Sementara itu, Firdaus Dahlan mengatakan pihaknya sangat mendukung konsep yang disampaikan Wali Kota Banda Aceh. Seperti konsep kota hijau, IMT-GT banyak menjalin kerja sama dengan lembaga internasional. 

"IMT-GT bisa memfasilitasi Banda Aceh mendapatkan dana lunak. Mungkin bisa digunakan untuk peningkatan penyediaan air bersih dan lampu lampu LED," kata Firdaus Dahlan.
 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019