Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh A Hanan menyatakan metode IP300 dapat meningkatkan hasil panen  petani dari sebelumnya sebesar enam ton per hektare menjadi delapan hingga sepuluh ton per hektare.

"Kami meyakini, bahwa pertanian berbasis teknologi dapat mendorong dan meningkatkan hasil para petani serta meningkatkan kesejahteraan mereka," katanya di sela-sela penanaman perdana percontohan cluster padi Indeks Pertanaman (IP) 300, di Indrapuri, Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan proyek percontohan Cluster Padi IP 300, dengan areal uji coba di atas lahan seluas 500 hektare di kawasan Aceh Besar dihadiri langsung Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Deddi Nursamsi.

Program cluster Padi IP 300 yang dilaksanakan di kabupaten Aceh Besar merupakan kegiatan perdana, yang dikelola oleh kelembagaan ekonomi petani dengan dukungan teknologi budidaya dan sarana produksi, mekanisasi dan industri pengolahan sebagai upaya menumbuhkan minat petani milenial, yang pendanaannya didukung dari sumber dana APBA dan APBN dengan melibatkan 1.876 KK petani.

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Deddi Nursamsi mengatakan ada tiga hal yang dapat mendongkrak hasil pertanian yaitu Infrastruktur pertanian, inovasi teknologi pertanian dan berbagai upaya pemberdayaan petani dan seluruh pemangku kepentingan pertanian.

"Saya mengajak masyarakat bersyukur dan mendukung pencanangan cluster IP300 di Aceh Besar. Menanam adalah bentuk rasa syukur masyarakat Aceh Besar atas ketersediaan air dan kesuburan tanah yang telah Allah berikan di daerah ini," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan bantuan hand sprayer serta menyerahkan asuransi usaha tani kepada beberapa kelompok tani di Kabupaten Aceh Besar.

Kemudian Plt Gubernur bersama Wali Nanggroe Aceh, Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Pangdam Iskandar Muda, Bupati Aceh Besar, serta unsur Forkopimda lainnya melakukan penanaman padi dengan mesin penanam padi.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019