PT Perkebunan Lembah Bhakti mengadakan kegiatan penanaman mangrove sebanyak 7.000 batang di sekitar Pantai Kilangan, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, dalam upaya mengembalikan ekosistem tanaman tersebut yang sempat hancur akibat tsunami 14 tahun lalu.

Dengan ditanamnya 7.000 batang, maka hingga saat ini anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk tersebut telh menanam sebanyak 19.000 batang di kawasan pesisir Aceh Singkil.

Tahun sebelumnya, PT PLB juga telah menanam 12.000 mangrove. Angka ini masih akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun selanjutnya.

Tsunami Aceh pada tahun 2004 yang lalu tidak hanya menghancurkan infrastruktur dan memakan korban jiwa, tetapi juga menghancurkan ekosistem mangrove di sekitar pantai. 14 tahun ekosistem pantai belum sepenuhnya pulih.

Suyono, Administratur PT PLB mengatakan partisipasi PT PLB sudah memasuki tahun ke-2 yang bekerjasama dengan Badan Lingkungan Kabupaten Aceh Singkil.

"Kami berharap kegiatan ini menginspirasi masyarakat  semakin banyak pihak yang  peduli kegiatan restorasi mangrove agar proses pengembalian  menjadi lebih cepat," katanya.

Sementara itu, Badan Lingkungan Kabupaten Singkil berharap agar makin banyak perusahaan yang terlibat dalam upaya pelestarian ekosistem mangrove ini. 

“Terima kasih kepada PT Perkebunan Lembah Bhakti atas upayanya mengembalikan keasrian mangrove di Kabupatan Aceh Singkil,” ucap Zulkifli, perwakilan Badan Lingkungan Hidup Aceh Singkil. 

Pewarta: Antara

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019