Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh menaruh harapan kepada pemuda di Provinsi Aceh agar mampu mengambil peran yang strategis dalam mengisi era revolusi industri 4.0 yang penuh dengan inovasi dan teknologi digitalisasi.

"Mahasiswa harus siap dan mampu menghadapi industri 4.0 sebagai era penuh dengan inovasi dan kreatif dengan menggunakan teknologi atau lebih dikenal teknik digital," kata Kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin, di Meulaboh. 

Dalam pers rilis yang dikirimkan Humas Universitas Teuku Umar (UTU), bahwa Kepala BI Perwakilan Aceh itu hadir ke kampus setempat untuk memberikan materi kuliah umum dengan tema "Peran pemuda dalam perekonomian era 4.0", pada Selasa (30/4) siang.

Zainal Arifin mengatakan mahasiswa dituntut menjadi seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan sehingga lulusan nanti bukan lagi mengharap kerja sebagai pegawai negeri sipil, tapi mampu siap berkerja sendiri.

Ia juga menyerahkan cenderamata berupa foto uang bernilai Rp10.000 bergambar Cut Nyak Dhien, bingkai uang ini dicetak khusus untuk diserahkan ke UTU untuk mendampingi uang kertas gambar Teuku Umar yang sudah ada di ruang rektor.

Zainal Arifin, berdiskusi dengan tim pendiri Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) UTU di ruang kerja rektor, dalam dialog tersebut disampaikan bahwa, BI sudah bersedia menjadi pembina dalam mengembangkan program - program IBT UTU.

"Dan akan memberikan bantuan berupa pendampingan bagi mahasiswa dan alumni yang memiliki produk usaha dan memberikan modal usaha kepada teman - teman nantinya," katanya di sela diskusi dengan pihak rektorat UTU.

"Selain memberikan kuliah umum, BI juga meluncurkan beasiswa kepada 50 mahasiswa UTU prestasi. Beasiswa ini sudah tiga tahun berturut-turut diterima oleh mahasiswa UTU," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Mursyidin.

Ia mengatakan, mahasiswa dari perguruan tinggi itu sudah tidak kalah dengan mahasiswa perguruan tingi lain di Indonesia dalam meraih prestasi baik tingkat daerah, tingkat nasional dan internasional.

Karenanya, ia berharap kepada pemangku kepentingan, khususnya BI perwakilan Aceh agar dapat terus membina mahasiswa UTU, baik yang sedang mendapat beasiswa mau pun para alumni penerima beasiswa dari BI Perwakilan Aceh tersebut.

 

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019