Siapa yang menyangka awalnya sempat diremehkan ketika maju menjadi caleg DPRD Kota Medan.

Erwin Siahaan yang sehari-hari berprofesi sebagai penarik ojek online ini dinyatakan lolos menjadi anggota DPRD Medan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Medan.

Ketika ditemui ANTARA di kediamannya di Jalan Maju Raya Medan, Senin (13/5), Erwin Siahaan yang merupakan caleg DPRD Medan dari Partai PSI nomor urut 1 mengatakan dirinya  tidak menyangka bisa terpilih jadi anggota DPRD, sebab dari awalnya mau ikut caleg pun sudah tidak berani karena tidak ada uang.

"Saya tertarik dengan politik dan mau ikut nyaleg pun tidak berani karena tidak punya duit, tapi karena ada niat dan yakin, saya akhirnya maju" katanya.

Ia menjelaskan saat mulai mendaftar menjadi calon legislatif, tidak sedikit sindiran yang diterimanya baik dari warga maupun dari sesama rekannya penarik ojek online.

Mereka selalu bilang yang lolos itu adalah orang yang punya uang.

"Saya tidak peduli yang penting saya sendiri hanya modal niat dan keyakinan," katanya.

Namun di tengah waktu perjuangannya sebelum mengikuti masa kampanye ibunya meninggal dunia pada 9 September 2018 dan memberikan duka yang sangat mendalam bagi dirinya.

"Ibu saya meninggalkan polis asuransi kematian untuk anak-anaknya, dan uang itu dibagikan lalu saya gunakan untuk modal kampanye saya," tambahnya.

Untuk bersosialisasi dan mendapatkan dukungan, Erwin akhirnya membuat alat peraga kampanye kepada teman-teman sesama profesinya dan keluarga serta mempromosikan dirinya ke pasar-pasar dan warung kopi dari modal uang asuransi kematian milik ibunya ditambah dengan uang tabungannya sebanyak Rp20 juta.

Sebelumnya Erwin Siahaan dipastikan memperoleh satu kursi di DPRD Kota Medan atas dasar hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Medan.

Raihan suaranya yang berada di atas 12 ribu lebih ditambah akumulasi suara partai, sehingga dipastikan memperoleh kursi ke-10 dari 12 kursi yang diperebutkan dari Dapil Medan V yakni Medan Johor, Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Tuntungan, Medan Sunggal dan Medan Selayang. 

Sementara, untuk targetnya ke depan, Erwin Siahaan mengatakan bahwa ia akan terus membangun silaturahmi ke masyarakat dan akan menampung aspirasi dari masyarakat nantinya.
 

Pewarta: Septianda Perdana

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019