Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta Wali Kota Subulussalam untuk menggagas berdirinya industri hilir guna menampung hasil perkebunan rakyat guna diolah menjadi bahan jadi.

"Jika langkah itu dapat dikembangkan, saya yakin Subulussalam bisa menjadi kawasan agroindustri yang maju," kata Nova Iriansyah di sela-sela melantik Affan Alfian Bintang dan Salmaza sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Subulussalam masa jabatan 2019 s.d. 2024 di Subulussalam, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa daerah tersebut memiliki sumber daya alam yang besar di sektor perkebunan yang dapat mendukung meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat di daerah setempat.

Selain perkebunan, Subulussalam juga memiliki potensi pada sektor perdagangan dan jasa yang juga memilik potensi untuk dikembangkan sehingga dapat menjadi pilar pembangunan ekonomi di kota itu.

"Mengingat Subulussalam terletak di perbatasan (Sumatera Utara) dan menjadi jalur lintas menuju wilayah pesisir Barat Aceh ini, juga sangat potensial untuk sektor perdagangan," katanya.

Ia juga berpesan kepada Wali Kota untuk memperhatikan pengembangan investasi. Salah satu acuan pembangunan investasi dalah menyederhanakan sistem pelayanan terpadu satu pintu sehingga memudahkan investor untuk mengembangkan usahanya.

Nova meyakini orang nomor satu dan dua di Subulussalam itu bisa menjawab tantangan memajukan Kota Subulussalam karena keduanya sudah berpengalaman sebagai wakil wali kota di daerah yang mekar dari Aceh Singkil tersebut.

Nova Iriansyah juga meminta agar keduanya tetap kompak hingga 5a tahun mendatang guna memajukan dan ikut menyejahterakan masyarakat melalui berbagai program pembangunan.

"Kekompakan sangat penting karena sangat berpengaruh dalam mencapai target-target pembangunan yang dicanangkan," katanya.

Plt. Gubernur juga meminta agar Alfian dan Salmiza terus memperkukuh jalinan kerja yang solid dan sinergis dalam mewujudkan prinsip-prinsip kepemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

Sementara itu, Wali Kota Subulussalam Affan Alfian mengatakan bahwa pelantikan dirinya merupakan awal mewujudkan cita-cita rakyat Subulussalam.

"Kami adalah pemimpin bagi seluruh masyarakat Kota Subulussalam. Kami akan bekerja dan mohon doa serta bimbingan agar kami bisa mengabdi menjalankan amanah ini," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai program prioritas untuk pembangunan Subulussalam, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, serta keamanan dan ketertiban.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019