Aktivitas pelayaran dan penyeberangan ke Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue, kembali terhenti dari daratan Aceh setelah satu unit kapal roro KMP Teluk Sinabang mengalami kerusakan mesin di bagian kanan, mengakibatkan ratusan penumpang yang akan menyeberang dari Pelabuhan Penyeberangan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan terpaksa gagal diberangkatkan pada Selasa malam.

"Dampak kerusakan kapal KM Teluk Sinabang ini juga berimbas pada aktivitas penyeberangan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat," kata Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Romi Masri kepada Antara, Rabu di Meulaboh.

Kerusakan mesin pada kapal jenis roll on roll off (roro) tersebut terdapat di bagian mesin induk kapal di sebelah kanan, sehingga mengakibatkan kapal tidak bisa beroperasi.

Padahal, kapal berkapasitas angkut 200 orang lebih itu baru saja naik dok pada bulan Mei 2019 lalu, dan kini kembali rusak akibat cuaca buruk yang kerap melanda perairan wilayah pantai barat selatan Aceh sejak beberapa pekan terakhir.

"Kami belum bisa memastikan kapan pelayaran akan kembali normal, karena masih menunggu kedatangan spare part kapal agar secepatnya bisa diperbaiki," kata Romi Masri.

Dampak dari terganggunya pelayaran ke pulau terluar dari daratan Aceh ini, juga mengakibatkan sejumlah truk pengangkut sembako tertahan di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Aceh Barat karena belum bisa mengangkut muatan ke Pulau Simeulue.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019