Wali Kota Sabang Nazaruddin mengusulkan pembangunan ruas jalan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ramah lingkungan guna memberikan kenyamanan bagi setiap pelancong yang berlibur ke daerah tersebut. 

"Kami mengusulkan pembangunan ruas jalan baru di lingkar Pulau Weh yang ramah lingkungan dan memudahkan wisatawan berkunjung ke lokasi wisata," kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin. 

Pernyataan ini disampaikan Wali Kota Sabang didampingi Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal dalam pertemuan dengan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) I Aceh, Ahmad Subki di Banda Aceh, Rabu. 

Wali Kota Sabang yang akrab dipanggil Tgk Agam menyampaikan, untuk mendorong percepatan pengembangan industri pariwisata perlu adanya percepatan pembangunan jalan seiring terjadinya peningkatan arus kunjungan wisatawan.

"Kami berharap ada pelebaran ruas menuju objek wisata dan penuntasan pembangunan jalan nasional dua dari Balohan Sabang," harapnya. 

Menurut Wali Kota Sabang, pembangunan jalan menjadi prioritas dan penanganannya bisa pada tahun berjalan, 2020-2021 guna menuntaskan permasalan jalan tanjakan Semen dengan membuat jalur baru. 

"Wilayah Sabang itu berbukit dan pembangunan harus disesuaikan agar memudahkan akses. Prioritas selanjutnya adalah menyelesaikan permasalahan Tanjakan Cot Murong yang sering longsor," ucap politisi Partai Aceh itu. 

Lebih lanjut ia menyampaikan, pembangunan jalan di Pulau Weh, Sabang disesuaikan dengan topografi wilayah dan membuat jalur baru menyusuri pinggir pantai Ujong Murong-Gapang, Iboih, Sukakarya, Sabang. 

Kepala BPJN I Aceh, Ahmad Subki menyambut positif usulan Pemko Sabang tersebut dan ia mendukung pembangunan jalan di Sabang dengan konsep wisata. 

"Pembangunan jalan itu dapat memberi kesan keindahan Kota Sabang. Ini sebagai nilai tambah bagi industri wisata," ujar Kepala BPJN I Aceh.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019