Asosiasi Provinsi PSSI Aceh membuka pendaftaran bagi pelatih sepak bola yang ingin mengikuti kursus pelatih Lisensi D PSSI yang merupakan sertifikasi dasar di organisasi bola kaki tersebut.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazir Adam di Banda Aceh, Senin, mengatakan, kursus pelatih tersebut digelar sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia di bidang kepelatihan sepak bola.

"Kursus pelatih lisensi D PSSI ini untuk menjawab minimnya pelatih sepak bola yang memiliki sertifikasi di Provinsi Aceh. Kursus ini untuk memperbanyak pelatih berlisensi yang melatih klub-klub sepak bola di Aceh," kata Nazir Adam.

Didampingi Sekretaris Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazaruddin, Exco PSSI Ade Zulfadli, Nazir Adam menyebutkan pendaftaran kursus dibuka hingga 22 Juni mendatang.

"Bagi yang berminat bisa mendaftarkan di Kantor Asosiasi Provinsi PSSI Aceh di Kompleks Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh," kata mantan Wakil Bupati Pidie, Aceh tersebut.

Syarat menjadi peserta pelatihan pelatih Lisensi D PSSI, mengantongi rekomendasi dari klub, asosiasi PSSI kota atau kabupaten, maupun Asosiasi Provinsi PSSI Aceh. Peserta dibatasi hanya 30 orang.

"Peserta juga menyerahkan biaya pendaftaran Rp4 juta. Fasilitas yang didapat peserta di antaranya seragam pelatihan, penginapan, makan tiga kali sehari, materi pelatihan, serta sertifikat kursus. Pelatihan berlangsung 26 Juni hingga 2 Juli mendatang," kata dia.

Selain Lisensi D PSSI, kata Nazir Adam, Asosiasi Provinsi PSSI Aceh juga akan menggelar kursus pelatihan pelatih sepak bola untuk Lisensi C PSSI. Lisensi C ini merupakan syarat minimal pelatih klub peserta kompetisi Liga 3.

Saat ini ada 32 klub sepak bola yang akan berkompetisi di Liga 3 Wilayah Aceh. Namun, karena keterbatasan pelatih Lisensi C, Asosiasi Provinsi PSSI Aceh mengizinkan pelatih Lisensi D melatih klub peserta Liga 3.

"Jumlah pelatih Lisensi C di Aceh hanya delapan orang. Idealnya, pelatih Lisensi C di Aceh 40 orang, mengingat jumlah klub Liga 3 di Aceh semakin bertambah. Apalagi, musim ini peserta Liga 3 di Aceh yang terbanyak di seluruh Indonesia," pungkas Nazir Adam.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019