Pada puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (Hani) 2019, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba dengan menyasar usia anak-anak.

“Sebagai salah satu upaya menekan penyalahgunaan narkoba, gencar kita lakukan adalah dengan meningkatkan kegiatan sosialisasi kepada anak-anak tentang bahaya narkoba,” ujar AKBP Fakhrurrazi Kepala BNNK Lhokseumawe, Rabu.

Lanjutnya, karena prevalensi tingkat penyalahgunaan narkoba yang terus meningkat, dimana, usia produktif dalam hal ini khususnya pelajar menjadi pangsa pasar bagi para pengedar narkoba dan menjadi target konsumen narkoba terbesar.

 Oleh karena itu,  usia anak-anak dan remaja sangat penting untuk mengetahui dan memiliki pengetahuan serta pemahaman tentang bahaya narkoba. Baik itu bentuknya dan jenis - jenis serta efek dan dampak bagi kesehatan (fisik, psikis) dari narkoba itu sendiri serta aturan-aturan tentang larangan narkoba di Indonesia.

Kepala BNNK Lhokseumawe mengatakan keluarga memegang peranan penting terhadap upaya cegah dan tangkal bahaya narkoba tersebut. Orang tua harus memperhatikan pergaulan dan lingkungan anak-anaknya agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan barang haram dimaksud.

“Sebagai pondasi awal dalam upaya mencegah bahaya narkoba ini pada anak-anak, kepada orang tua diharapkan lebih maksimal memberikan perhatian dan mengawasi pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus penyalahgunaan narkoba tersebut,” jelas AKBP. Fakhrurrazi.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, terkait peringatan Hani 2019, pihaknya berkomitmen akan terus memberantas narkoba dan akan memproses hukum bagi pengedar, bandar dan pihak-pihak yang terkait dengan narkoba.

“Kami akan tetap memproses secara hukum bagi para penyalahgunaan narkoba, sebagai salah satu upaya penegakan hukum dan juga memberantas narkoba dalam masyarakat,” kata Kapolres Lhokseumawe.

Sementara itu, peringatan Hani 2019 di Kota Lhokseumawe dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota Lhokseumawe, yang menjadi pembina upacara adalah Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe Miswar Ibrahim serta diikuti oleh PNS dalam lingkungan Pemkot Lhokseumawe.



 

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019