Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah menyatakan 136 jamaah calon haji asal daerah itu siap diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah.

"Saat ini JCH asal Kabupaten Aceh Tengah  mulai ikuti manasik yang telah dimulai dari tingkat kecamatan dan nantinya dilanjutkan hingga Kabupaten," katanya di Takengon, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan manasik calon jamaah haji untuk tingkat kecamatan akan berlangsung hingga 1 Juli dan untuk tingkat kabupaten akan digelar hingga 4 Juli 2019.

Menurut dia dengan adanya kegiatan manasik haji tersebut jamaah calon haji dari kabupate penghasil kopi arabica terbaik tersebut dapat memahami pelaksanaan haji sehingga harapan menjadi haji yang mabrur dapat tercapai.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar berharap kepada seluruh calon jamaah agar dapat mengikuti kegiatan manasik dengan seirus sehinga saat berada di Tanah Suci dapat menjalakan rukun dan ibadah haji secara tertib.

"Biasakan tertib selama mengikuti Manasik dan pahami setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan agar pelaksanaan ibadah Haji nanti dapat berjalan lancar," katanya.

Shabela juga mengingatkan kepada seluruh calon jamaah untuk meluruskan niatnya sejak mengikuti manasik guna melaksanakan ibadah dengan sempurna guna mencapai haji mambrur.

"Jika niat tidak lurus, maka nanti bukan ibadah yang diutamakan, tapi sibuk belanja, wisata atau lebih parah lagi pergi haji hanya untuk status sosial," katanya.

Shabela juga berharap seusai kembali ke Tanah Air, para jamaah haji nantinya dapat teladan ditengah masyarakat serta pencerah yang dapat menyemangati masyarakat untuk meningkatkan ibadah dan partisipasi dalam pembangunan.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019