Perusahaan tambang batu bara PT Mifa Bersaudara melakukan kegiatan tanam terumbu karang di alam bawah laut Pulau Gosong, Aceh Barat Daya (Abdya), dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se dunia.

CSR & Corporate Communication Manager PT Mifa Bersaudara, Tengku Kaddafi di Blangpidie, Minggu, mengatakan, dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia pihak perusahaannya melakukan berbagai kegiatan.

Mulai dari menanam pohon di lokasi lahan tambang di Kabupaten Aceh Barat, bersepada santai, tanam pohon di pesisir pantai, hingga konservasi dan transplantasi terumbu karang serta memasang "apartemen" ikan.   

“Ini kami rasa sangat penting kita lakukan sebagai bentuk sumbangsih kita pada alam. Karena jika terumbu karang di laut bagus tentu hasil nelayan juga bagus,” tutur Kaddafi.

Kaddafi menjelaskan khusus kegiatan tanam terumbu karang, PT Mifa Bersaudara memilih lokasinya di Pulau Gosong, yaitu di sebuah pulau kecil terletak di perairan pantai jilbab, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya.

“Kegiatan ini kita pusatkan di Abdya karena di Meulaboh sendiri belum memiliki tempat yang tepat untuk konservasi terumbu karang, maka fokusnya ke sini, karena beberapa tempat di sini terumbu karangnya bagus-bagus,” ungkapnya.  

Kaddafi melanjutkan, agenda tanam terumbu karang dan memasang apartemen ikan di alam bawah laut Pulau Gosong dilakukan selama tiga hari dimulai sejak Jumat (28/6).

Sebanyak 15 penyelam dari Pusong Diving Club (PDC), pos Search and Rescue (SAR) Meulaboh dan tim SAR Abdya diturunkan untuk melakukan penanaman terumbu karang.

Disamping memasang apartemen ikan, karyawan perusahaan tambang tersebut juga melakukan kegiatan tanam pohon jeruk dan jambu mete dipulau seluas sekitar satu hektar itu.

Kemudian, lanjutnya di pulau kecil itu 10 karyawan PT Mifa juga diberikan pelatihan menyelam (diving), dengan harapan tim perusahaan nantinya memiliki peran rescue di lautan.

"Jadi, semua kegiatan yang kami lakukan di Pulau Gosong, Susoh sejak kemarin ini bekerjasama dengan pos SAR Meulaboh, SAR Abdya dan Pusong Diving Club (PDC),” ujarnya.

Salah seorang tim penyelam dari PDC Abdya, Iptu Rizal Firmansyah mengaku bangga karena timnya dipercayakan oleh PT Mifa sebagai pelaksana konservasi dan transplantasi terumbu karang serta juga pembuatan apartemen ikan.   

“Kami dari tim PDC mengucapkan terimakasih. Karena kepercayaan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Ini tahun kedua kerjasama dengan PT Mifa, suportnya bagus sekali. Harapan kita ke depan terus berlanjut,” tuturnya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019