Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh, MukhlisYunus meminta Pemerintah Aceh agar fokus membangun sektor ekonomi mikro untuk mendorong pertumbuhan ekonomi makro.

"Pemerintah mestinya mendorong pertumbuhan ekonomi mikro di Aceh. Jika ekonomi mikro bertumbuh maka ekonomi makro pun akan meningkat," katanya di Banda Aceh, Rabu.

Mukhlis menilai selama ini Pemerintah Aceh belum konsisten mengembangkan ekonomi mikro di provinsi paling barat Indonesia. Karena itu, ia mengusulkan Pemerintah serius mendorong pertumbuhan industri agar ekonomi masyarakat bertumbuh lebih baik.

"Sekarang ekonomi Aceh stagnan dan kami berharap pemerintah konsisten serta memiliki komitmen menumbuhkembangkan ekonomi mikro," ujar dosen di Perguruan Tinggi "Jantong Hate Rakyat Aceh" itu.

Mukhlis menyatakan, pembelanjaan yang digelontorkan oleh Pemerintah Aceh sifatnya konsumtif dan hal ini tidak memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pembelanjaan pemerintah lebih banyak konsumtif dan pembelanjaannya pun banyak ke luar Aceh karena di Aceh belum ada industri," ujar dia.

Pada kesempatan itu, ia berharap Pemerintah Aceh berperan aktif mendorong para pihak dan jika perlu mengundang investor untuk berinvestasi di Aceh agar ekonomi masyarakat meningkat.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019