Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meningkatkan kapasitas para Reje/kepala desa dalam pengelolaan keuangan kampung melalui program pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa.

"Kegiatan ini sangat perlu dilakukan guna meningkatakan kapasitas para Reje sehingga terwujudnya pengelolaan keuangan yang baik serta transparan dan bertanggungjawab," kata Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Aceh Tengah, Latif Rusdi di Takengon, Senin.

Dalam kegiatan yang dibuka Sekda Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah, ia menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan instansi tersebut juga untuk meningkatkan kualitas para Reje dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan pembinaan kemasyarakatan.

"Pembinaan dan juga peningkatan kualitas para reje serta mewujudkan pemerintahaan yang baik  juga merupakan merupakan bagian dari implementasi UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa," katanya.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga hari yakni dari 15 sampai 17 Juli 2019. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 295 reje kampung se kabupaten Aceh Tengah dan turutÿdihadiri beberapa kepala skpk terkait.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah juga mengingatkan kepada para Reje di seluruh gampong dalam kabupaten itu untuk bekerja dengan baik dalam mengelola keuangan kampung dengan transparan, sehingga dana yang dialokasikan tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat.

"Kami mengajak seluruh Reje untuk mengelola dana ini dengan penuh tanggung jawab, terbuka, dan transparan," demikian Karimansyah.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019