Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof Samsul Rizal menyatakan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi wilayah barat (SMMPTN BARAT) 2019 merupakan jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri tersebut.

"Kami berharap lulusan SMA/sederajat dapat memanfaatkan kesempatan SMMPTN Barat, karena ini merupakan kesempatan terakhir bagi para calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikannya di Unsyiah," katanya di Banda Aceh, Senin.

Ia menyebutkan sebanyak 2.715 peserta telah mendaftar melalui jalur penerimaan tersebut dan jumlah itu akan bertambah hingga penutupan pendaftaran pada Selasa, 16 Juli 2019 pukul 10.00 WIB.

Ada pun dua ribuan yang telah mendaftar tersebut terdiri dari kelompok ujian Sain dan teknologi (Saintek) sebanyak 1.220, sosial dan humaniora (Soshum) 1.329, dan campuran 166.

Ia mengatakan pendaftaran seleksi SMMPTN Barat telah dibuka sejak 1 Mei 2019 lalu. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ÿhingga tanggal 16 Juli 2019.

Calon peserta harus terlebih dahulu mendapatkan Kode Pembayaran dan PIN melalui bank Mandiri, BNI, atau BTN hingga batas waktu 15 Juli 2019. Ujian tulis SMMPTN Barat akan berlangsung pada Kamis, 18 Juli 2019 dan ujian keterampilan pada Jumat-Sabtu, 19-20 Juli 2019.

"Kami berharap bagi yang kurang beruntung di SBMPTN dapat memanfaatkan kesempatan di SMMPTN Barat. Informasi penerimaan jalur ini bisa diakses di website www.smmptnbarat.id," katanya.

Unsyiah terlibat dalam seleksi SMMPTN Barat bersama 14 perguruan tinggi lainnya, seperti Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang dan Universitas Palangkaraya (UPR).

Kemudian Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh dan Universitas Samudera (Unsam).

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019