Pemerintah Aceh menyatakan semua alokasi anggaran yang telah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2019 termasuk bansos dan dana hibah akan tuntas direalisasikan hingga akhir tahun itu.

“Pada prinsipnya semua alokasi anggaran akan direalisasikan secara maksimal sehingga manfaatnya dapat dinikmati langsung oleh masyarakat,” kata Sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA), Bustami di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan menanggapi terkait alokasi dana bansos dan hibah sebesar Rp1,8 triliun dalam DPA 18 Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan BPKA.

Ia menjelaskan dari total dana hibah yang dialokasikan di 18 SKPA tersebut, Rp695,3 miliar telah dan sedang dalam proses realisasi, karena sudah diterbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Aceh, seperti pada Dinas Pendidikan.

Sedangkan sisanya sekitar Rp1,2 triliun, akan dilengkapi persyaratan dokumennya dan diusulkan kembali dalam Rencana APBA Perubahan 2019.

Menurut dia penyebab belum diterbitkannya SK Gubernur Aceh tentang dana Hibah dan Bansos untuk kegiatan tertentu pada suatu SKPA, disebabkan karena belum memenuhi syarat.

“Pedoman pemberian dana Hibah dan Bansos diatur dalam Pasal 9 Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 yang telah diubah beberapa kali, terakhir diubah dengan Permendagri Nomor 123 Tahun 2018, tentang Perubahan Keempat Permendagri Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bansos yang bersumber dari APBD.” Katanya.

Ia juga mengatakan Pemberian Hibah dan Bansos juga diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh nomor 92 tahun 2016 yang terakhir diubah dengan Pergub nomor 115 tahun 2018 tentang Pedoman Belanja Hibah dan Belanja Bantuan Sosial dari APBA.

Ada pun syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu proposal dari Pengusul kepada Kepala Daerah, evaluasi oleh SKPA, rekomendasi SKPA kepada TAPA, dan Pertimbangan TAPA.

Plh Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah menegaskan, bahwa seluruh alokasi anggaran kegiatan yang telah disahkan dalam APBA Tahun 2019 akan direalisasikan secara optimal hingga akhir tahun anggaran 2019.

“Pemerintah Aceh bersama perangkatnya terus bekerja sekuat tenaga untuk merealisasikan seluruh alokasi anggaran yang telah dianggarkan dalam APBA tahun 2019, demi memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Aceh,” katanya.

Dalam konferensi pers tersebut turut hadir Kepala Bappeda Aceh, Azhari, Kepala Biro Humas dan Protokol setda Aceh, Rahmad dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019