Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Aceh menggelar pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) se-sumatera di Kabupaten Aceh Jaya yang akan berlangsung dari tanggal 25-28 Juli 2019.

Bupati Aceh Jaya yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Aceh Jaya Ichwan saat memberi sambutan menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyambut baik atas terlaksananya acara Diklatsar Kokam Pemuda Muhammadiyah se–sumatera.

"Pada prinsipnya kami atas nama pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan Diklatsar di Kabupaten Aceh Jaya apalagi ini yang hadir adalah dari berbagai provinsi dalam sumatera," tuturnya pada saat pembukaan Diklatsar KOKAM di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan  Keluarga Berencana Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (25/7).

Ichwan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya sangat welcome terhadap pelaksanaan kegiatan sosial khususnya yang digelar di daerah ini.

"Kami sangat welcome setiap kegiatan yang dilaksanakan di Aceh Jaya, kami siap membantu apabila terjadi kendala selama Diklat dilaksanakan Kota Calang," ujarnya.

Ketua PWPM Aceh Hizqil Apandi menyampaikan, Diklatsar Kokam sampai pembukaan panitia mencatat 137 peserta yang merupakan perwakilan dari PDPM di Aceh, PWPM Sumatera Utara dan PDPM Kuansing Riau.

Ia menyampaikan, materi yang akan disampaikan oleh para instruktur baik dari PWM Aceh, PWPM Aceh, KODIM 0114 Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya dan Dinkes Aceh Jaya, mulai dari pagi sampai malam hari yaitu ketauhidan, kemuhammadiyahan, fiqih ibadah, penanggulangan bencana, kompas dan navigasi, wawasan kebangsaan, pencegahan narkoba bagi generasi muda, bantuan hidup dasar dan materi lainnya yang berkaitan dengan keahlian yang harus dimiliki oleh personil Kokam sebagai personil elit di Pemuda Muhammadiyah.

"Kita juga akan melakukan penghijauan yang dilaksanakan di lima instansi pemerintah di Aceh Jaya antara lain Rumah Sakit Umum Daerah, Polres, Kajari, Dinkes dan Taman Kota (DLH)," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Nasional Kokam yang mewakili Ketum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, yang turut membuka secara resmi acara tersebut mengharapkan kepada instruktur supaya memahami latar belakang masing-masing peserta.

"Saudara ini adalah bagian dari Pemuda Muhammadiyah oleh karena itu KOKAM di samping mengawal NKRI dan Pancasila namun juga tidak melupakan posisi KOKAM sebagai bagian dari Pemuda Muhammadiyah,” tegasnya.

Hadir dalam pembukaan tersebut Asisten I Sekretariat Daerah Aceh Jaya mewakili Bupati Aceh Jaya, Ichwan, S.Sos, didampingi perwakilan dari Kodim 0114 dan Polres Aceh Jaya, Asisten III Setda Aceh, para Kepala SKPK Aceh Jaya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Aceh Jaya, H. Ismet Mahdi, S.Ag, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Aceh Jaya, Aula A. Djamal, SKH, Ketua MPU Aceh Jaya, Perwakilan RAPI Aceh Jaya dan Tagana Aceh Jaya.

Sementara dari Provinsi hadir Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Aceh, Hizqil Apandi, S.Pd bersama jajarannya, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh, Dr Ali Amin dan juga hadir Komandan Nasional Kokam, Zainuddin Gayo, SH, MH mewakili Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019