Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan sangat mendukung program Program Keluarga Harapan yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam upaya menekan angka kemiskinan.

"Program PKH sangat membantu Pemkab, khususnya dalam upaya memperkecil tingkat kehidupan masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan," kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Indrapuri, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya dalam sambutan tertulis dibacakan Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar, Abdullah di sela-sela membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019.

Ia menjelaskan orientasi pembangunan global telah mengalami pergeseran haluan dari penyediaan infrastruktur, pengembangan ekonomi, dan perluasan investasi ke arah pengembangan SDM dan kesejahteraan secara menyeluruh dan berkeadilan melalui berbagai program penanggulangan kemiskinan.

Salah satunya adalah PKH sebagai program perlindungan sosial yang merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial dengan pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), sehingga kelompok sangat miskin dapat memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, serta memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.

Pihaknya berharap dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan PKH, mengingat PKH sebagai program percontohan dalam rangka mendukung percepatan Millenium Depelopment Goals (MDGs), sehingga hal ini merupakan tugas berat yang harus diemban bersama oleh para anggota Tim Koordinasi UPPKH Kabupaten Aceh Besar.

"Kami mengajak seluruh jajaran OPD terkait untuk menggunakan segala sumber daya yang ada, terutama dalam melakukan koordinasi dan mengendalikan pelaksanaan program ini di Aceh Besar," katanya.

Plt Kadis Sosial Aceh Besar, Rusdi juga berharap melalui Rakor PKH tersebut akan semakin meningkatkan motivasi kerja para SDM PKH di Aceh Besar dalam menyukseskan berbagai program yang digulirkan di tengah-tengah masyarakat.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019