Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha pada Minggu (11/8), pedagang hewan musiman mulai menjamur di kawasan Kota Lhokseumawe.

Pantauan Antara di Lhokseumawe, Senin, terlihat di kawasan Taman Riyadhah Lhokseumawe, penjaja hewan ternak kurban jenis kambing sudah mulai berdatangan.

Salah seorang pedagang, Rian ketika ditemui mengatakan, dirinya sudah beberapa hari mulai berdagang di lokasi tersebut. "Lokasi ini memang saya pilih setiap tahunnya, karena sangat strategis," ujarnya.

Saat ditanyai tentang daya beli masyarakat di banding tahun sebelumnya, Rian mengeluhkan sepinya daya beli masyarakat di tahun ini.

"Penjualan hewan kurban tahun ini lebih menurun dari pada tahun sebelumnya. Biasanya penjualan dua bulan sebelum hari Raya Idul Adha bisa mencapai 30 ekor. Tapi, tahun ini baru 20 ekor kambing yang terjual," keluhnya.

Dikatakannya, harga hewan kurban jenis kambing dijual dengan harga bervariasi mulai Rp2,2 juta hingga Rp4 juta per ekor, sama dengan tahun sebelumnya. "Harganya bervariasi tergantung bobot dari hewannya," ujarnya.

Dikatakannya lagi, jika hari biasa harga satu ekor kambing hanya Rp1,6 juta hingga Rp3,5 juta/ekor.

"Karena menjelang Idul Adha, harga semakin mahal disebabkan permintaan masyarakat terhadap kebutuhan hewan kurban semakin meningkat," terang Rian.

Ia juga menjamin jika hewan kurban yang dijualnya ini dalam keadaan sehat terawat dan masuk dalam syarat serta ketentuan untuk hewan kurban.

"Hewan kurban ini dalam keadaan sehat sudah masuk dalam syarat hewan untuk dijadikan hewan kurban," imbuhnya.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019