Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak masyarakat memaknai hikmah berqurban yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha setiap tahunnya.

"Hari raya qurban merupakan sesuatu kewajiban umat muslim. Secara rutin diselenggarakan. Mari kita maknai hikmah qurban tersebut," ajak Nova Iriansyah di Banda Aceh, Minggu.

Pernyataan tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah usai menyerahkan sapi qurban kepada pengurus Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh usai shalat Idul Adha.

Sapi qurban berukuran besar tersebut diterima Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Tgk Azman Ismail. Prosesi penyerahan turut disaksikan Ketua DPR Aceh Muhammad Sulaiman dan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah.

Plt Gubernur Aceh mengatakan, hikmah berqurban untuk membangun kepedulian sesama. Berqurban juga mendidik individu menjalankan amanah yang diembankan kepadanya.

Bagi aparatur pemerintah, sebut Nova Iriansyah, hikmah berqurban paling utama adalah melaksanakan kewajiban menjalankan amanah dan jabatan dengan maksimal.

"Tentunya dalam menjalankan amanah dan jabatan tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama serta peraturan perundang-undangan," kata Nova Iriansyah.

Shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh diikuti ribuan orang. Shalat dengan imam Tgk H Jamhuri Ramli dan khatib Ustad H Masrul Aidil.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019