Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kota Banda Aceh mengajukan tiga nama calon pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kota kepada Dewan Pengurus Pusat PKS.

"Tiga nama calon pimpinan DPRK Banda Aceh sudah kami jaring dan diserahkan ke PKS Aceh untuk selanjutnya diteruskan ke dewan pimpinan pusat," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah PKS Kota Banda Aceh Iwan Sulaiman di Banda Aceh, Selasa.

PKS mendapat lima kursi dari 30 kursi DPRK Banda Aceh periode 2017-2024 pada Pemilu 2019.

Selain memperoleh lima kursi, PKS juga meraih 18 ribu lebih suara. Jumlah itu merupakan suara terbanyak yang diraih partai politik peserta pemilu.

Berdasarkan aturan perundang-undangan, PKS berhak mendapat kursi Ketua DPRK Banda Aceh. Karena itu, PKS mengajukan tiga nama ke dewan pengurus pusat.

Baca juga: Ini 30 anggota DPRK Banda Aceh terpilih

"Siapa nanti yang jadi Ketua DPRK Banda Aceh dari PKS, dewan pengurus pusat yang menetapkannya. Kami hanya menjaring dan menyeleksi berdasarkan kriteria yang ditetapkan," kata Iwan Sulaiman.

Iwan Sulaiman mengatakan dirinya belum bisa menyampaikan tiga nama calon pimpinan DPRK Banda Aceh yang diajukan PKS. Nama-nama calon pimpinan tersebut baru bisa disampaikan kepada publik setelah ada instruksi PKS Pusat.

"Saya ini, kami belum diberi kewenangan untuk menyampaikan siapa saja tiga nama calon pimpinan tersebut. Kami hanya bisa menyebutkan kriteria calon pimpinan yakni berpengalaman, suara terbanyak dan memiliki kemampuan komunikasi massa," kata Iwan Sulaiman.

Adapun lima anggota DPRK Banda Aceh 2017-2024 yakni Farid Nyak Umar, Irwansyah, Tuangku Muhammad, Tati Meutia Asmara dan Devi Yunita. Sedangkan peraih suara terbanyak Tati Meutia Asmara dengan perolehan 3.138 suara.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019