PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Singkil sejak awal Agustus hingga September 2019 menambah jadwal pelayaran dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menuju ke Sinabang, Pulau Simeulue, Aceh selama tiga kali dalam sepekan.

Jadwal tersebut berlaku pada Selasa, Jumat dan Minggu setiap pekannya dan dilayani oleh kapal jenis roro KMP Teluk Sinabang.

Selama ini, jadwal pelayaran dari daratan Aceh ke wilayah kepulauan terluar tersebut hanya dilakukan selama dua kali selama sepekan yakni Sabtu dan Minggu.

"Kita berharap dengan adanya penambahan jadwal pelayaran dari Meulaboh ke Sinabang, dapat membantu masyarakat dalam menggunakan jasa trasnportasi laut menuju ke wilayah kepulauan dan daratan Aceh," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Romi Masri, Selasa.

Menurutnya, penambahan rute tersebut dikarenakan sejak Juni hingga Juli lalu jadwal pelayaran ke daerah ini sering terganggu akibat cuaca buruk sehingga beberapa kali jadwal pelayaran terpaksa dialihkan ke rute penyeberangan Labuhan Haji, Aceh Selatan menuju ke Sinabang, Pulau Simeulue maupun sebaliknya.

Padahal, kata Romi, jumlah calon penumpang yang akan berangkat ke daerah ini sangat banyak termasuk aneka angkutan yang membawa sembako dan aneka kebutuhan masyarakat lainnya.

"Semoga saja penambahan jadwal pelayaran ini akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat di Aceh, khususnya di Simeulue dan Aceh Barat," kata Romi Masri.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019